Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Terbaru tentang Covid-19 yang Bertahan hingga Seminggu

Seorang perempuan muda mengenakan masker karena polusi udara. Dok. Istock.

Virus Corona (Covid-19) telah menghantam penduduk global. Sebanyak 209 negara sudah terpapar virus zoonotik ini. Lebih dari 1,6 juta penduduk dunia terinfeksi. Sekitar 80.00 lebih umat manusia telah menuju dunia kematian. Betapa ganasnya virus ini!

Di Indonesia, lebih dari 3.000 penduduk terkonfirmasi positif Corona, dengan kurang sedikit dari 300 nyawanya tak tertolong tenaga medis. Bersyukur, angka kesembuhan pun cukup mengimbanginya.

Di tengah kepanikan global, lebih karena sistem dan peralatan kesehatan yang belum memadai untuk membuat anti-virus ini, kita dihadapkan pada satu fakta terbaru mengenai virus ini.

Mengutip Detik.com, Jumat (10/4), sebuah penelitian dari University of Hong Kong pada awal bulan ini melaporkan bahwa Corona mampu bertahan pada berbagai permukaan benda.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Jurnal The Lancet pada 2 April 2020 lalu itu mengatakan, Corona paling lama bertahan di suatu permukaan adalah selama satu minggu.

Leo LM Poon, Malik Peiris dan timnya dalam riset itu menemukan bahwa permukaan yang menjadi tempat bertahan terlama Corona adalah masker bedah. Di mana pada bagian luar masker bedah, virus corona bertahan hingga hari ke-7 setelah virus tersebut menempel.

Hasil penelitian tentu mengejutkan karena masker adalah satu-satunya pertahanan luar umat manusia untuk menghindari terjangkitnya Corona. Tanpa masker, tak dapat dihitung berapa banyak manusia yang tumbang karena virus ini.

Lagipula, cara penularan Corona adalah melalui cairan pernapasan dari orang yang sudah terinfeksi, baik melalui batuk atau bersin, atau mengalir melalui tangan ke hidung atau mulut. Karenanya masker dapat menjadi pelindung ketika orang-orang berinteraksi.

Namun dengan hasil penelitian ini, kita tidak perlu khawatir berlebihan. Tetaplah memakai masker, asalkan cukup sekali pakai dan langsung dibuang di tempat yang layak.

Selain melalui masker bedah, penelitian para ahli juga menemukan bahwa Corona bertahan hingga tujuh hari di permukaan benda berbahan baja tak berkarat dan plastik. Sementara pada permukaan berbahan kaca dan uang kertas Corona bertahan hingga empat hari.

Sementara mengenai masa hidup virus, para ahli mengatakan bahwa Corona akan menghilang dalam waktu tiga jam pada ruangan bersuhu 21 derajat Celcius. Namun itu terjadi pada permukaan berbahan kertas atau tisu. Pada permukaan berbahan kaus dan kayu, virus menghilang setelah dua hari.

Menurut mereka, Corona bisa sangat stabil di lingkungan yang menguntungkan, tapi juga rentan (atau bisa hilang) dengan metode disinfeksi yang sesuai standar.

Karena itu, para peneliti menekankan pentingnya masyarakat rajin mencuci tangan memakai sabun, tidak menyentuh wajah terutama saat memakai masker bedah.

"Sangat penting jika kamu memakai masker bedah, kamu tidak menyentuh bagian luar masker. Karena kamu bisa menkontaminasi tanganmu dan jika kamu menyentuh matamu, kamu bisa mentransfer virus ke matamu," terang Malik Peiris.*

Posting Komentar untuk "Fakta Terbaru tentang Covid-19 yang Bertahan hingga Seminggu"