Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata-kata Magis Robert Mugabe Yang Menginspirasi

Robert Mugabe. Dok. youtube.com

Presiden ke-2 Zimbabwe Robert Mugabe meninggal dunia pada 6 September 2019 lalu. Kematiannya, menurut pihak keluarga, terjadi setelah ia berjuang melawan kondisi kesehatan yang buruk. Sejak April lalu, Mugabe menjalani perawatan di rumah sakit di Singapura.

Presiden Emmerson Mnangagwa mengutarakan "kesedihan mendalam" atas kepergian Mugabe seraya menyebut pria berusia 95 tahun itu "bapak pendiri Zimbabwe" dan "ikon pembebasan".

Berikut beberapa "kutipan Robert Mugabe" yang mentah, lucu dan tak terlupakan:

1) "Ketika pakaian Anda terbuat dari daun singkong, Anda tidak mengambil kambing sebagai teman."

2) "Jika Anda jelek, Anda jelek. Berhenti berbicara tentang kecantikan batin karena pria tidak berjalan-jalan dengan mesin sinar-X untuk melihat kecantikan batin (inner beauty)”

3) "Ketika seekor kambing hilang, aroma sup tetangga menjadi penuh kecurigaan”

4) "Perlakukan setiap bagian handuk Anda dengan baik karena bagian yang menyeka bokong Anda hari ini akan menyeka wajah Anda besok."

5) "Kadang-kadang Anda melihat kembali pada gadis-gadis yang menghabiskan uang Anda, daripada mengirimkannya ke ibu Anda, dan Anda menyadari sihir itu nyata."

6) "Jika Presiden Barack Obama ingin saya mengizinkan pernikahan untuk pasangan sesama jenis di negara saya (Zimbabwe), ia harus datang ke sini sehingga saya menikah dengannya terlebih dahulu."

7) "Rokok adalah sejumput tembakau yang digulung di selembar kertas dengan api di satu ujung dan orang bodoh di ujung lainnya."

8) Pewawancara: "Tuan Presiden, kapan Anda mengucapkan selamat tinggal pada rakyat Zimbabwe?" Robert Mugabe: "Ke mana mereka pergi?"

9) Rasisme tidak akan pernah berakhir selama mobil putih masih menggunakan ban hitam; Jika orang masih menggunakan warna hitam untuk nasib buruk dan putih untuk perdamaian; Jika orang masih memakai pakaian putih untuk pernikahan dan pakaian hitam untuk pemakaman; Selama mereka yang tidak membayar tagihannya dimasukkan dalam daftar hitam dan tidak 'masuk daftar putih' ... Tapi saya tidak peduli selama saya masih menggunakan kertas tisu putih untuk menghapus pantat saya! Dengan itu saja, aku akan selalu baik-baik saja.

10) Tidak ada gadis Afrika yang akan memilih six-pack daripada enam mobil .. Jadi berhentilah pergi ke gym dan pergi bekerja!

10) "Bagaimana Anda meyakinkan generasi mendatang bahwa pendidikan adalah kunci keberhasilan ketika kita dikelilingi oleh lulusan yang miskin dan penjahat yang kaya?"

11) Jika Adam dan Hawa adalah orang Cina kami akan berada di surga karena mereka akan mengabaikan apel dan memakan ular.

12) Seseorang dapat mencintaimu dan tetap menipu, sama seperti kita mencintai Tuhan dan masih berdosa.

13) Lebih baik duduk di bar memikirkan Tuhan daripada duduk di gereja sambil memikirkan bir.

14) Dicium bukan berarti Anda dicintai, tanyakan Yesus tentang Yudas.

Riwayat Kepemimpinan


Mugabe adalah presiden pertama Zimbabwe pascamerdeka. Mugabe lengser dari kursi presiden melalui kudeta militer pada November 2017, mengakhiri kekuasaan selama 30 tahun.

Dia memenangi pemilihan pertama Zimbabwe pascakemerdekaan dengan menjadi perdana menteri pada 1980. Selang tujuh tahun kemudian, dia menghapus jabatan PM untuk kemudian menjabat presiden.

Pada awal kekuasaannya, Mugabe mendapat sanjungan karena membuka akses kesehatan dan pendidikan untuk mayoritas warga kulit hitam.

Namun, reformasi agrarianya yang kontroversial memicu perekonomian ambruk dan pada penghujung kekuasaanya diwarnai beragam pelanggaran HAM serta korupsi.

Mugabe dipaksa mundur pada November 2017 setelah berkuasa selama 37 tahun. Rakyat bersukacita begitu dipastikan ia tak lagi memimpin Zimbabwe.

Ini adalah "akhir tragis" figur yang begitu lekat dengan sejarah negara di Afrika tersebut. Ia pernah sesumbar, "Tuhan yang mengangkat saya (sebagai pemimpin Zimbabwe), Tuhan pula yang akan menurunkan saya."

Riwayat Hidup


Mugabe lahir pada 21 Februari 1924 di negara yang saat itu disebut Rhodesia. Ia pernah dipenjara selama lebih dari 10 tahun tanpa melalui proses peradilan setelah mengritik pemerintah Rhodesia pada 1964.

Aaat masih di penjara pada 1973, dia terpilih sebagai ketua Serikat Nasional Zimbabwe Afrika (Zanu), partai yang didirikannya.

Setelah dibebaskan, dia menuju Mozambik dan menempuh perlawanan bersenjata dengan mengarahkan serangan gerilya ke Rhodesia. Namun, dia dikenal sebagai juru runding nan ulung.

Kesepakatan politik untuk mengakhiri krisis berujung pada pendirian negara Republik Zimbabwe, dan pemilu pada 1980. Mugabe, yang terkenal dengan gerakan kemerdekaannya, mendapat kemenangan telak.

Sumber: Leny Habibie dan bbc.bom

Posting Komentar untuk "Kata-kata Magis Robert Mugabe Yang Menginspirasi"