Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hore, Mendikbud Tiadakan UN 2021

Nadiem Makarim.

Ada kabar baik untuk siswa Kelas XII dan Kelas IX lantaran tahun ini pemerintah meniadakan Ujian Nasional (UN).

Hal itu diputuskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim ketika melakukan evaluasi terhadap perkembangan pandemi Covid-19 di tanah air.

Nadiem mengeluarkan keputusan peniadaan UN melalui Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021.

Surat Edaran tersebut memuat tentang Peniadaan UN dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

SE tertanggal 1 Februari 2021 itu menyebutkan bahwa "Ujian Nasional dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan."

Dengan ditiadakannya UN 2021, maka UN dan Ujian Kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sebagai penggantinya, pemerintah menetapkan beberapa syarat kelulusan bagi siswa.

Pertama, siswa harus menyelesaikan program pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester.

Kedua, siswa harus memperoleh nikai sikap/perilaku minimal baik.

Ketiga, siswa mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Adapun ujian yang dilakukan oleh satuan pendidikan, dilakukan dalam bentuk porfolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya).

Selain itu, ada penugasan dan tes secara luring atau daring serta bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Selain ujian yang ditetapkan satuan pendidikan karena UN 2021 ditiadakan, peserta didik dari SMK dapat mengikuti uji kompetisi keahlian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sementara, untuk penyetaraan bagi lulusan program paket A, paket B, dan paket C dilakukan dengan ketentuan.

Terakhir, untuk kenaikan kelas, ujian akhir semester dapat dilakukan dalam bentuk portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya.

Ada juga penugasan dari guru mata pelajaran dan tes secara luring atau daring serta bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Nah, dengan tidak adanya UN bukan berarti kalian tidak belajar loh. Kalian tetap belajar, tapi tidak lagi sampai tikam kepala siang malam.

Kalian cukup siapkan untuk mengikuti ujian di sekolah sebaik-baiknya dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sekolah dengan rajin.

Mengapa kalian harus tetap belajar, karena kalian akan memasuki dunia kampus yang tugasnya justru lebih numpuk dari yang kalian rasakan selama ini.

Jadi, sembari kalian senang karena UN ditiadakan, jangan lupa siap diri kalian untuk ikut tes perguruan tinggi ya. Siapa tahun kalian diterima di kampus idaman kalian.

Dengan begitu, kalian bisa banggakan orangtua dan teman-teman kalian.

Dan terakhir, jangan lupa berdoa ya. Percuma kalau kita kerja saja tapi tidak berdoa. Doa adalah pelengkap dari setiap usaha dan jerih payah kita.*

Posting Komentar untuk "Hore, Mendikbud Tiadakan UN 2021"