Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Presiden Jokowi Pastikan Keamanan Ibadah Pekan Suci 2021

Presiden Jokowi/Antara.

Presiden Joko Widodo memastikan keamanan ibadah umat Kristen selama perayaan Pekan Suci 2021.

Hal itu disampaikan Jokowi menanggapi ledakan bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3) pagi.

Serangan terorisme tersebut dianggap telah mengganggu keamanan ibadah umat Kristen, terutama menjelang perayaan Paskah pekan ini.

"Saya minta masyarakat agar tetap tenang menajalankan ibadah karena negara menjamin keamanan umat beragama untuk beribadah tanpa rasa takut," tegas Jokowi dalam sebuah pernyataan pers virtual, Minggu.

Jokowi memerintahkan Kapolri untuk melakukan pengamanan ketat sehingga masyarakat bisa menjalankan ibadah dengan aman dan tenang.

Kepada Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Jokowi pun meminta untuk mengusut tuntas pelaku serangan dan jaringan yang terafiliasi dengan pelaku.

Dalam pernyataannya, Jokowi juga mengajak masyarakat bersama-sama melawan tindakan terorisme. 

Terorisme dinilai tidak sejalan dengan nilai agama dan nilai luhur Indonesia yang menjunjung ketuhanan dan kebhinekaan.

"Saya mengutuk keras aksi terorisme tersebut dan saya sudah memerintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan-jaringan pelaku dan membongkar jaringan itu sampai ke akar-akarnya," ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa tindakan terorisme merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan. Meski ledakan di depan gereja, Jokowi bilang tindakam terorisme tak berkaitan dengan agama apapun.

Tak lupa Jokowi juga mendoakan para korban yang mengalami luka akibat kejadian tersebut.

Ia memastikan bahwa negara akan menjamin seluruh biaya perawatan korban ledakan.

Adapun ada satu korban tewas dalam ledakan tersebut, sedangkan 13 orang lainnya mengalami luka-luka.

Insiden ledakan bom bunuh diri ini mengejutkan masyarakat Indonesia setelah bom bunuh diri terakhir terjadi di Mapolresta Medan tahun 2019 lalu.

Masyarakat diminta tetap waspada terhadap gerakan terorisme dan tidak lengah untuk mengantisipasi insiden serupa terjadi di tempat lain.*

Posting Komentar untuk "Presiden Jokowi Pastikan Keamanan Ibadah Pekan Suci 2021"