Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DPR Sebut SDM untuk Labuan Bajo Perlu Dibenahi

Presiden Jokowi meninjau Labuan Bajo.


Labuan Bajo sebagai destinasi super premium perlu mendapat sentuhan lebih.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli usai meninjau pembangunan kawasan Labuan Bajo, Selasa (13/4).

Menurut Melani, banyak yang harus dibenahi dari objek wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) itu. Tidak hanya UMKM, perhotelan, atau transportasi, tapi juga layanan SDM.

"Banyak sekali yang harus dibenahi, karena kita ingin menuju ke yang lebih bagus lagi untuk pengembangan Labuan Bajo," ujar Melani.

Melani mengklaim bahwa pembenahan objek wisata ini otomatis akan mendongkrak perekonomian masyarakat.

Karena itu, ketersediaan SDM yang kompeten di destinasi wisata super premium seperti Labuan Bajo layak dipertimbangkan pemerintah.

"Sebagus-bagusnya hotel bintang lima atau bintang tiga, kalau SDM-nya benar-benar kompeten melayani para turis, itu akan membuatnya nyaman. Tapi, walau bintang lima kalau pelayanannya kurang profesional, para turis pun akan mengeluh dan komplain," tuturnya.

Ditambahkan Melani, Pelabuhan Bajo juga bisa terus dibenahi untuk memberi akses yang luas kepada wisatawan asing.



Selain itu, UMKM lokal juga harus diberdayakan. Produk-produk inovatif dari UMKM setempat harus diangkat sehingga meningkatkan ekonomi penduduk setempat.

"UMKM juga harus menginovasi apa saja produk-produk yang bisa diangkat dan dijual ketika para turis berdatangan dari manca negara. Sayang sekali bila UMKM-nya tidak dididik dan diarahkan bagaimana memproduksi produk yang diminati para turis manca negara maupun nusantara," ungkap Melani. 

Melani juga menilai bahwa pembenahan juga dilakukan di sektor energi seperti listrik dan gas.

Ia meminta agar pasokan listrik ke destinasi wisata tidak boleh terputus untuk kenyamanan para wisatawan. 

"Jangan sampe kekurangan listirk, lalu listriknya mati," kilahnya. 

Begitu juga pasokan gas oleh PGN sangat dibutuhkan untuk menunjang operasional destinasi wisata ini," imbuh politisi Partai Demokrat.



Di akhir pernyataannya, Melani meminta agar Labuan Bajo terus dipromosikan ke dunia internasional.

"Labuan Bajo indah sekali. Banyak orang Australia yang mungkin belum pernah ke Labuan Bajo, tahunya hanya Bali. Labuan Bajo harus lebih dipromosikan, agar semakin dikenal," tutupnya.*

Posting Komentar untuk "DPR Sebut SDM untuk Labuan Bajo Perlu Dibenahi"