Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Momen Haru Jokowi Menangis di Tengah Kerumunan Warga Adonara

Presiden Jokowi menangis saat mengunjungi warga Adonara.

Momen haru tertangkap saat Presiden Joko Widodo mengunjungi Adonara, Flores Timur, NTT, pada Jumat, 9 April 2021, lalu.

Bersama rombongan terbatas, orang nomor satu di Indonesia itu meninjau lokasi dan tempat pengungsian yang tepatnya berada di Desa Nele Lamadike, Kecamatan Ile Boleng.

Momen haru terjadi ketik aJokowi turun dari mobil pribadinya untuk menemui warga yang sudah lama menanti kedatangannya.

Ketika melihat antusiasme warga terdampak bencana siklon tropis Seroja, Jokowi tak sanggup lagi meneteskan air mata haru.

Air matanya tertumpah di hadapan warga Adonara yang sedang mengerumuninya, seperti menyambut seorang raja mulia.

Ia melihat betapa tegarnya hati masyarakat Adonara yang dengan terbuka menerimanya di tengah penderitaan yang mereka alami.


Jokowi pun mengambil sapu tangan dari kantongnya lalu mengusap air mata yang menetes di pelupuk matanya. Warga teriak histeris melihat pemimpin mereka menangis.

Seorang judan presiden terlihat sigap saat melihat Jokowi mengusap air mata dengan mengambilkan tisu untuk sang Presiden.

Namun, Jokowi yang sedang melihat ke arah warga, menolak menerima tisu yang diberikan oleh sang ajudan.

Saat melihat tisu yang diberikan ajudannya, Jokowi melambaikan tangan sebagai isyarat menolak menggunakan tisu tersebut.

Momen ini merupakan yang pertama kali terjadi selama kunjungan Jokowi ke berbagai daerah di Indonesia. Ia melihat betapa masyarakat Adonara dan NTT amat mencintainya.


Usai momen haru itu, Jokowi mengatakan, warga terdampak bencana di lokasi tersebut nantinya juga akan direlokasi ke wilayah baru yang akan ditetapkan kemudian oleh pemerintah daerah. 

Dalam hal ini, pemerintah pusat siap untuk segera membangun rumah-rumah baru bagi warga setempat.

"Lokasi yang ada sekarang ini akan kita relokasi yang nanti segera ditetapkan oleh Bupati dan Gubernur. Tapi yang jelas Kementerian PUPR siap untuk membangun rumahnya secepat-cepatnya," ungkap Jokowi.

Tidak lupa pula, Jokowi mengingatkan warga setempat yang saat ini tengah berada di pengungsian untuk tetap berdisiplin menegakkan protokol kesehatan.

"Hati-hati, (jalankan) protokol kesehatan. Semua pakai masker agar yang namanya Covid-19 tidak semakin menyebar di mana-mana, utamanya di NTT," tukasnya.


Momen haru lainnya terjadi ketika Jokowi memberikan jaket warna coklat miliknya kepada seorang anak muda korban bencana Adonara.

Seperti perlakuannya pada anak muda di Lembata, Jokowi mengenakan jaket tersebut kepada anak muda tersebut di depan warga.

Pemberian jaket itu dilakukan setelah anak muda itu meneriaki nama Jokowi dan meminta agar Jokowi menjadi presiden tiga periode.*

Posting Komentar untuk "Momen Haru Jokowi Menangis di Tengah Kerumunan Warga Adonara"