Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kesehatan, Viktor Laiskodat Belum Berpikir Maju Lagi di 2024

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.


Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) belum memikirkan untuk maju lagi pada bursa Pemilihan Gubernur NTT pada 2024. Alasan kesehatan menjadi pertimbangan utama baginya.

"Kalau suruh maju dua kali maka harus pikir-pikir dulu dan hitung baik-baik diantaranya mengenai kesehatan saya," ujar Viktor Laiskodat usai peletakkan batu pertama pembangunan Aula Paroki Sint Martinus Nangaroro, Nagekeo, melansir Gatra.com, Rabu (25/5).




Gubernur NTT ini mengatakan, sudah banyak permintaan dari tokoh masyarakat agar dia bisa maju lagi pada periode kedua Pilgub NTT.

Namun, sampai saat ini politisi Partai Nasdem ini masih mempertimbangkan banyak hal termasuk kesehatannya.

"Sudah banyak aspirasi minta saya maju bertarung untuk periode kedua 2024 mendatang," ucapnya.

"Kalau dipilih di periode kedua lalu hanya duduk di Kupang tidak kunjungi masyarakat sampai ke desa-desa juga tidak ada manfaatnya," imbuhnya.

Alasan kesehatan menjadi pertimbangan rasional karena selama menjabat sebagai Gubernur NTT sejak 2018, Viktor Laiskodat terlihat jarang melakukan perjalanan keliling NTT untuk menjumpai masyarakatnya.

Ke Flores, misalnya, Viktor baru melakukan perjalanan setidaknya tiga kali selama tiga tahun terakhir.

Kecuali ke Labuan Bajo untuk mendampingi Presiden Joko Widodo ketika meninjau pembangunan pariwisata Labuan Bajo, Viktor sudah beberapa kali melakukan perjalanan.

"Jika sudah dalam kondisi yang tidak bisa lagi berjalan keliling NTT, maka tidak usah maju. Kalau lutut sudah bengkok-bengkok ya, berhenti sudah," ungkap Viktor Laiskodat.



Viktor menegaskan, untuk menjadi pemimpin di daerah kepulauan seperti NTT harus memiliki kondisi yang prima agar bisa berkeliling menjaring aspirasi masyarakat di setiap pelosok.

Jika memang kondisi kesehatannya tidak membaik, Viktor pun dengan lapang dada menyerahkan estafet kepemimpinan kepada anak-anak muda yang lebih energik.

"Harus kasih anak muda yang masih energik. Jangan paksa diri nanti rakyat yang susah. Tongkat estafet harus diserahkan kepada yang muda-muda yang ototnya masih kuat," katanya.

Dengan begitu, bukan berarti Viktor tidak lagi berniat maju pada bursa Pilgub NTT tahun 2024 nanti.

Yang terpenting adalah kesiapan fisik dan mental untuk mengarungi bentangan alam dan samudra nan luas di bumi Flobamora. Hal itu, kata dia, tidak mudah bagi seorang gubernur.*



Posting Komentar untuk "Alasan Kesehatan, Viktor Laiskodat Belum Berpikir Maju Lagi di 2024"