Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Politisi PDIP Sebut Ada Rencana Jokowi 3 Periode

Presiden Joko Widodo.


Pembicaraan mengenai kemungkinan Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode terus mengemuka.

Bersamaan dengan hangatnya pembicaraan mengenai perseteruan antara Ganjar Pranowo dan Puan Maharani, politisi PDIP menyebut secara internal memang ada rencana untuk mendapuk Jokowi menjabat 3 periode sebagai presiden.

Hal itu disampaikan anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon dalam diskusi virtual "Crosscheck", Minggu (30/5), melansir Tempo.co.

Lihat juga: Jokowi Anakemaskan NTT


Untuk meloloskan ambisi besar tersebut, Effendy mengatakan salah satu solusinya adalah dengan melakukan amandemen UUD'45.

"Ya ada dong, kan memungkinkan amandemen Undang-Undang Dasar kan selesai langsung. Enggak ada masalah kok," ujar Effendi.

Ada beberapa contoh dimana banyak presiden bisa menjabat lebih dari 2 periode di dunia.

Salah satunya adalah Presiden Suriah Bashar Al-Assad yang baru saja terpilih untuk keempat kalinya. 

Begitu juga dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang sudah menjabat selama lima periode.

"Enggak apa-apa. Enggak ada yang salah, kok. Sepanjang rakyatnya mau, konstitusi juga aklamasi, kesepakatan juga," tandas Effendy.

Menanggapai tingginya elektabilitas Ganjar pada bursa Pilpres 2024, Effendy mengatakan pencapresan 2024 jadi urusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Karena itu, kata dia, Ganjar semestinya lebih rendah hati lagi.

Lihat juga: KM Karya Indah Terbakar,  181 Penumpang Selamat


Percakapan mengenai kemungkinan Jokowi 3 periode mula-mula dikemukakan Direktur Indobarometer M Qodari. Dalam berbagai kesempatan, Qodari optimis Jokowi bisa menjabat hingga 3 periode.

Hal itu kemudian terbukti dalam survei Litbang Kompas yang menyebut bahwa Jokowi masih diunggulkan memenangkan Pilpres jika pesta demokrasi dilakukan saat ini.

Meski demikian, Jokowi telah mengklarifikasi bahwa tidak ada niat lagi untuk maju lagi pada Pilpres 2024. Meski ada dukungan dari masyarakat, Jokowi tidak berpikir untuk dicalonkan lagi.

"Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak juga berminat menjadi presiden tiga periode," kata Jokowi pada 15 Maret 2021 lalu.

Posting Komentar untuk "Politisi PDIP Sebut Ada Rencana Jokowi 3 Periode "