Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tersisa Barca, Madrid dan Juventus, 9 Klub ESL Nyatakan Kembali ke EUFA

Protes fans sepakbola terhadap gagasan pembentukan ESL/Washingtonpost.

Sembilan klub yang beberapa waktu mendeklarasikan diri bergabung ke European Super League (ESL) akhirnya memutuskan kembali ke organisasi induk sepabola Eropa EUFA. Keputusan itu diambil setelah terjadi polemik hebat di antara otoritas sepakbola Eropa.

Sembilan klub yang dimaksud adalah Arsenal, AC Milan, Chelsea, Atletico  Madrid, Inter Milan, Liverpool, Manchester City, Manchester United, dan Tottenham Hotspur.

Ada 6 klub dari Liga Premier Inggris, dua klub Liga Italia dan sisanya dari liga Spanyol, La Liga.

Kini terisa tiga klub besar yang belum mendeklarasikan diri untuk kembali ke pangkuan EUFA, yaitu Barcelona, Real Madrid dan Juventus.

Barcelona dan Real Madrid adalah dua klub yang sampai saat ini masih bergeming untuk kembali ke pangkuan EUFA. Kedua klub ini disebut-sebut merupakan penggagas pendirian ESL.

Meski ditolak oleh para fans mereka, kedua klub masih bersikukuh untuk mengusung ide mereka. Sementara ATM sudah bergabung setelah didesak para fans.

Dengan kembalinya klub-klub besar dari ESL, EUFA pun menerimanya dengan lapang dada. Tidak ada lagi permasalahan terkait masa depan klub-klub seperti rumor sebelumnya.

Diketahui EUFA sebelumnya memutuskan untuk melarang pemain yang tergabung dalam 12 klub ESL untuk tidak mengikuti semua laga sepakbola yang diadakan baik oleh EUFA maupun oleh FIFA.

Setelah melakukan investigasi, EUFA akhirnya mengakui proyek ESL adalah sebuah kesalahan dan telah meminta maaf kepada fans, federasi, liga, dan para klub lain dalam lingkup UEFA. 

Sembilan tim tersebut kemudian telah menyerahkan "Deklarasi Komitmen Klub" ke UEFA, yang menetapkan komitmen di kompetisi resmi UEFA dan Liga Domestik.

Deklarasi inilah yang menjadi salah satu bahasan utama saat rapat Komite Eksekutif UEFA pada Jumat (7/5) waktu setempat.

Keputusan sudah bersifat final dan tidak bisa diganggu gugat. Keputusan yang dibuat oleh UEFA berisikan poin-poin sebagai berikut: 

  1. Setiap klub tanpa syarat mengakui dan menerima sifat mengikat dari Undang-undang dan Peraturan UEFA 
  2. Tetap berkomitmen untuk dan akan berpartisipasi dalam kompetisi UEFA setiap musim, dengan catatan klub tersebut memenuhi syarat berdasarkan prestasi.
  3. Akan bergabung kembali dengan Asosiasi Klub Eropa (ECA), yang merupakan satu-satunya badan perwakilan klub yang diakui UEFA.
  4. Akan mengambil semua langkah dalam kekuasaan mereka dengan tujuan untuk menghentikan keterlibatan dengan beberapa perusahaan yang terlibat ESL dan menghentikan tindakan hukum terkait.
  5. Sebagai isyarat niat baik, mereka akan memberikan donasi senilai 15 juta Euro untuk kepentingan anak-anak, pemuda, dan sepak bola akar rumput (level mendasar) di komunitas lokal seluruh Eropa, termasuk Inggris. 
  6. Akan dikenakan pemotongan 5 persen dari pendapatan yang mereka terima dari kompetisi klub UEFA selama satu musim ke depan, lalu didistribusikan kembali.
  7. Setuju untuk dikenakan denda besar jika mereka berusaha bermain dalam kompetisi yang tidak sah (100 juta Euro) atau jika mereka melanggar komitmen lain yang telah disepakati dalam Deklarasi Komitmen Klub (50 juta Euro).
  8. Menerima semua prinsip dan nilai yang ditetapkan dalam Nota Kesepahaman 2019 antara UEFA dan Asosiasi Klub Eropa.
  9. Selain itu, sembilan klub tersebut telah berkomitmen penuh untuk reformasi kompetisi Eropa pada 2024 mendatang. Di sisi lain, UEFA juga akan mendukung segala pertimbangan yang telah diberikan oleh federasi dan Liga Domestik. 

Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan, "langkah-langkah yang diumumkan begitu penting, tetapi tidak ada sanksi finansial dan akan dipertahankan oleh UEFA."

"Semuanya akan diinvestasikan kembali ke dalam sepak bola di usia muda dan akar rumput di komunitas lokal seluruh Eropa, termasuk Inggris," imbuhnya.

Adapun untuk ketiga klub yang belum kembali akan ditangani oleh badan disipliner mereka.*

Sumber: Kompas.com

Posting Komentar untuk "Tersisa Barca, Madrid dan Juventus, 9 Klub ESL Nyatakan Kembali ke EUFA"