Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UAS Sebut Ceramah Gus Mitfah di Gereja Haram, Denny Siregar Sentil Anies Baswedan

UAS dan Gus Mitfah.

Pilihan Gus Miftah untuk memberikan ceramah di Gereja Bethel Indonesia Amanat Agung di Penjaringan, Jakarta Utara, baru-baru ini menjadi isu yang hangat dibicarakan.

Dalam acara itu sebenarnya hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan pejabat lainnya.

Tidak sedikit umat Islam yang menyebut ulama bernama asli Ulama Miftah Maulana Habiburrahman ini sebagai orang kafir.

Menanggapi hal itu, pemilik Pondok Pesantren Ora Aji, Kalasan, Yogyakarta, ini pun memberikan tanggapan lewat video.

"Saat itu saya hadir bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sekjen PB NU Helmy Faishal Zaini, dan beberapa tokoh agama. Itu atas nama undangan mereka," ujarnya, dalam video yang diunggahnya, Senin (3/5).

Melihat tindakan Gus Mitfah, salah satu ustadz nyentrik, Abdul Somad, namanya, pun menyambar dengan pernyataan yang lebih mengerikan.

Bagi UAS, panggilan akrabnya, tindakan yang dilakukan Gus Mitfah itu masuk ke dalam kategori haram.

Menurutnya, jika merujuk mahzab Syafi'i, haram seorang muslim masuk ke dalam rumah ibadah yang didalamnya terdapat berhala.

"Haram hukumnya masuk ke rumah ibadah orang lain. Haram! Karena Nabi tak mau masuk ke dalam tempat kalau di dalam (tempat) itu ada berhala. Maka dalam Islam, mazhab Syafi'i mengharamkan masuk ke dalam rumah ibadah di dalamnya ada berhala," kata UAS dalam channel YouTubenya, Rabu (5/5).

UAS mengatakan memang umat muslim dan non muslim telah lama hidup berdampingan. Namun, menurutnya tidak bisa berdampingan dalam urusan ibadah.

"Tapi kalau sudah dalam urusan ibadah, ritual, tak ada tawar menawar. Sekarang banyak yang tak bisa membedakan, kebablasan mana toleransi mana telur asin. Itu harus bisa dibedakan. Jangan karena toleransi mengorbankan keyakinan dan akidah," tegasnya.

Sementara itu, pegiat media sosial Denny Siregar menyerang pernyataan UAS karena dianggapnya salah kaprah ketika memberikan penilaian terhadap seorang Muslim yang berceramah di gereja.

Pendengung pemerintah ini pun membandingkan antara pendakwah Gus Miftah dan Anies Baswedan.

"Kalau @gusmiftah_ bicara di Gereja dimaki-maki, dikatain murtadlah, kafirlah, keluar dari agamalah..," cuitnya dalam akun Twitternya, seperti dilihat Selasa (4/5).

"Kalo ini gimana? Apa doi murtad juga?" imbuh Denny sambil mengunggah foto Anies saat menjadi pembicara dalam gereja. 

Anies Baswedan dalam sambutannya di GBI Penjaringan, menceritakan perjalanan jemaat gereja selama puluhan tahun, yang sudah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat di Penjaringan.

"Ini adalah sebuah kisah hadirnya tempat peribadatan yang tidak hanya memfasilitasi kegiatan ibadah, namun juga memfasilitasi kerukunan antarwarga yang ada di sekitarnya. Moto dari GBI di sini sangat menyentuh hati kita semua, yakni 'tidak boleh ada siapapun yang kelaparan serta merasakan kekurangan di sekitar lingkungan Gereja'," kata Anies.*

Posting Komentar untuk "UAS Sebut Ceramah Gus Mitfah di Gereja Haram, Denny Siregar Sentil Anies Baswedan"