Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Viral, Presiden Jokowi Keliru Sebut "Provinsi Padang"



Pernyataan Presiden Joko Widodo saat meninjau ruas tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang yang berada di Provinsi Riau, hari ini, Rabu, 19 Mei 2021 viral.

Hal itu lantaran Kepala Negara salah menyebut Provinsi Padang dalam sembutannya, yang seharusnya Provinsi Sumatera Barat.

"Kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain dan produk-produk yang ada, baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Padang, nantinya akan memiliki daya saing yang baik terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain," kata Jokowi, dikutip Rabu (19/5).

"Sekali lagi dengan terbukanya banyak ruas-ruas jalan tol ini, kita harapkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat dan kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain," katanya.

Pernyataan Presiden Jokowi tersebut diunggah ke media sosial oleh akun Twitter @nuicemedia, lalu menimbulkan kontroversi, dan  menjadi trending di Twitter.

Video tersebut telah di-retweet lebih dari 1.000 kali.

Humas Sekretariat Presiden, pun merevisi pernyataan tersebut, sehingga bunyinya demikian:

"Produk-produk yang ada baik di Provinsi Riau dan di Kota Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik, terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara lain".

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan yang dimaksud oleh Presiden Jokowi adalah Provinsi Sumatera Barat, bukan Padang.

Menurut Budi, ruas tol yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera tersebut meyambungkan Kota Pekanbaru, Riau dengan Kota Padang, Sumatera Barat.

"Kan jalan tol dari Pekanbaru sampai Padang," ungkapnya.

Heru memastikan tidak ada maksud tertentu dari Presiden Jokowi dengan menyebut Provinsi Padang. Sebab itu hanya salah ucap saja.

"Nggak ada (maksud tertentu, Red)," katanya.*

Posting Komentar untuk "Viral, Presiden Jokowi Keliru Sebut "Provinsi Padang""