Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wow Labuan Bajo Makin Keren, Kini Ada Jaringan 5G

Jaringan 5G/Ilustrasi.


Labuan Bajo bakal menjadi salah satu kota kontemporer di masa depan.

Perhatian pemerintah pusat terhadap kota di ujung Pulau Flores ini makin besar. Bukan hanya infrastruktur fisik, tapi kini akan ada layanan 5G.

Dengan adanya jaringan 5G dijamin internet kamu akan makin kencang saja teman-teman. Ini akan menambah pengalaman eksotik kamu ketika berlibur ke Labuan Bajo, wisata terbaik saat ini.

Kamu tidak perlu lagi khawatir bakal internet lemot atau susah. Di setiap sudut kota Labuan Bajo, kamu akan menikmati internet tanpa batas.

Jaringan 5G adalah inovasi terbaru dari perusahaan teknologi dunia untuk menandai generasi kelima dan babak industri global setelah generasi 4G.




Layanan 5G diluncurkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate pada Kamis (27/5) kemarin.

Johnny adalah salah satu putra terbaik NTT yang kini didapuk Jokowi membangun infrastruktur digital.

Kominfo mempercayai Telkomsel untuk membangun layanan 5G di Indonesia selama beberapa tahun ke depan.

Sementara, Labuan Bajo terpilih diantara beberapa kota lain di Indonesia karena merupakan salah satu destinasi wisata super prioritas (DPSP) yang amat diperhatikan Presiden Jokowi.

Hal itu disampaikan Sinergy Project Leader Telkom Indonesia, Kuncoro Wastuwibowo, yang menyebut bahwa Labuan Bajo bakal menjadi target utama.

Dia menerangkan, pemasangan jaringan 5G saat ini memasuki tahap dua setelah sejumlah daerah Industri di Indonesia, sudah terpasang jaringan 5G.

Artinya, pemasangan jaringan 5G ini tidak diterapkan di semua provinsi di Indonesia.Tetapi hanya akan dipasang di sejumlah kota Industri saja.

Kota-kota seperti Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya serta kawasan industri manufaktur menjadi prioritas.

Kuncoro menerangkan, keberadaan layanan 5G juga akan mendukung produk-produk UMKM di Indonesia untuk bisa tembus pasar global.

Pemasangan jaringan ini, kata dia, hanya khusus untuk jaringan internet of things untuk pertanian, untuk komersialisasi expo untuk UMKM.




Sementara itu, Johnny menyatakan peresmian jaringan 5G merupakan hari bersejarah bagi Indonesia.

Menurut dia, infrastruktur digital nasional akan ditopang dengan layanan 4G dan 5G secara simultan.

"Saya ingin memastikan roll out 5G Telkomsel yang dilakukan hari ini juga tetap berjalan operasi simultan bersama jaringan 4G, karena pembangunan 5G secara merata di seluruh wilayah tanah air justru yang akan menjadi tonggak-tonggak penting infrastruktur telekomunikasi nasional kita," ujar Johnny dalam peresmian 5G Telkomsel di Vertical Garden the Telkom Hub, Jakarta, Kamis.

Johnny menyampaikan kebanggaan dan apresiasi melihat keseriusan dari PT Telkomsel yang mengambil langkah cepat untuk mengawal pembangunan 5G di Indonesia.

Johnny menegaskan tantangan dan dampak buruk bukan menjadi faktor yang menghentikan langkah, justru menjadi faktor yang mendorong pemerintah dan mitranya untuk berkolaborasi agar pembangunan 5G menjadi lebih matang dan lebih kuat.

"Ini tanda-tanda baik, sekaligus tantangan yang luar biasa apabila memahami implikasi harapan itu. Hari ini hari yang luar biasa, di mana kita mengawali deployment 5G dengan tetap menjaga dan mempertahankan agar internet link rasio, agar disparitas internet antar wilayah negara kita, tetap terjaga dengan baik," tandasnya.

Di sisi lain, Johnny menyatakan, pandemi Covid-19 telah menjadi penanda dimulainya akselerasi transformasi digital yang harus dimanfaatkan.

"Harapan masyarakat kita, transformasi digital, migrasi rakyat dari ruang fisik ke ruang digital sudah luar biasa di Indonesia. Setidaknya 196 juta warga internet Indonesia, satu peluang dan space digital yang luar biasa besar di era di saat di mana terjadi tantangan pandemi Covid-19," ujarnya.*




Posting Komentar untuk "Wow Labuan Bajo Makin Keren, Kini Ada Jaringan 5G"