Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beda dengan Sebelumnya, Kini Ada Soal tentang Anti-Radikalisme dalam Tes CPNS 2021

Seleksi CPNS dan PPPK 2021/Ist.


Graha Budaya -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan memasukkan soal mengenai anti-radikalisme dalam tes CPNS dan PPPK tahun 2021.

Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Katmoko Ari Sambodo menjelaskan, soal mengenai anti radikalisme menjadi satu poin materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Aturan itu tertuang dalam Permen PANRB Nomor 27 tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Hanya ada satu tambahan di TKP yang membedakan dengan tahun lalu, kita perkuat dari unsur anti radikalismenya. Di tahun ini ada materi-materi penguatan tentang anti radikalisme," ujar Katmoko dalam acara yang ditayangkan YouTube Kementerian PANRB, Senin (14/6).



Selain anti radikalisme, sebagaimana termuat dalam Pasal 38, TKP bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan setidaknya lima hal pentint.

Pertama, pelayanan publik, bertujuan untuk mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai tugas dan wewenang yang dimiliki;

Kedua, jejaring kerja, bertujuan mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.

Ketiga, sosial budaya, bertujuan mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk, terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya.

Keempat, teknologi informasi dan komunikasi, bertujuan mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja.

Kelima, profesionalisme, bertujuan mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan Jabatan.



Adapun Kementrian PANRB telah mengumumkan pembukaan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 pada Senin kemarin.

Namun untuk waktu pelaksanaan pendaftaran dan tes belum dirilis.

Untuk link dan alur pendaftaran bisa kalian dapatkan di sini.*

Posting Komentar untuk "Beda dengan Sebelumnya, Kini Ada Soal tentang Anti-Radikalisme dalam Tes CPNS 2021"