Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gonsa Thundang Pameran Tunggal di Rumah Baca Aksara Ruteng

Pameran tunggal Gonsa Thundang di RBA Ruteng/RBA.


Gonsa Thundang, pelukis muda asal Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggelar pameran tunggal lukisan sepanjang 10-11 Juni 2021.

Gonsa, 23, yang terkenal dengan gaya lukisan figuratif, akan memamerkan karya-karya lukisannya di Rumah Baca Aksara, sebuah kolektif kreatif yang konsern di bidang literasi dan seni di Ruteng.

Gonsa mendirikan Manggarai Arts dua tahun belakangan, dan kali ini akan memperlihatkan kepiawaiannya menggores cat pada bidang kanvas kepada publik.



Gonsa menyebut tema pamerannya dengan "Limbah Refleksi", untuk merujuk pada materi dan teks lukisannya yang merupakan hasil daur ulang dari sampah kertas yang tak lagi digunakan, selain beberapa lukisan dari bahan kanvas.

"Sampah" bagi Gonsa barangkali bukan sesuatu yang kotor. Sampah juga bukan entitas yang mesti diasingkan, diabaikan. Sampah mungkin bisa menjadi sumber minyak bumi, air dan juga emas.

Dalam skena seni rupa, sampah kertas sudah banyak digunakan para perupa Indonesia sebagai materi lukisan. Salah satu perupa yang paling konsern di bidang tersebut yaitu Hanafi, yang memiliki rumah kuratorial seni rupa untuk pelukis muda bernama Galerikertas di Depok, Jawa Barat.

Gonsa merefleksikan dan memulai karyanya ini sejak tahun lalu, bersamaan dengan merebaknya pagebluk Covid-19 dari Negeri Tirai Bambu.

"Perupa muda yang baru menginjak usia 23 tahun ini mengaku jika "Limbah Refleksi" adalah pecahan-pecahan perenungan diri yang jatuh menghempas bidang-bidang kanvas dan ragam sampah kertas, kemudian dipoles dalam bentuk lekuk garis dan goresan warna yang tertinggal dari jejak-jejak sapuan kuas," tulis Rumah Baca Aksara dalam kolom media sosialnya, Jumat (4/6).


Gonsa, saat ini sedang melanjutkan pendidikan tinggai di UNIKA St. Paulus Ruteng, pernah menekuni ilmu seni pada Isntitut Seni Indonesia-Yogyakarta.

Bekal ilmu yang didapatnya dari ISI Yogyakarta kemudian mematangkan minatnya pada seni rupa. 

Di Ruteng, Gonsa mendirikan Manggarai Arts sebagai platform kurasi gagasan dan kreasi untuk mewujudkan mimpinya menjadi perupa di masa depan.

Di antara banyak perupa atau pelukis di NTT, Gonsa adalah seniman muda yang berani membuat pameran tunggal.

Dan kali ini mendapat apresiasi tinggi dari Rumah Baca Aksara Ruteng, untuk memamerkan karyanya di galeri pameran kepada publik.

Pameran ini merupakan volume kedua dari panggung apresiasi seni rupa yang diterobos RBA, dengan pertama kalinya dilakukan pada awal 2020 lalu.

Saat itu, RBA menggelar pameran bersama tema besar "Aku, Karya & Rupa" yang menghadirkan para perupa RBA sendiri.

Untuk kamu yang ingin mengapresiasi karya seniman muda ini, silahkan membeli tiket seharga Rp20 ribu di RBA Ruteng.*


2 komentar untuk "Gonsa Thundang Pameran Tunggal di Rumah Baca Aksara Ruteng"

  1. Tempat Jual tiketnya dimana dan tempat pamerannya dimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa masuk lihat di FB Rumah Baca Aksara, kaka. Coba inbox saja adminnya.

      Hapus