Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hak Asuh Ruben Onsu Tinggal Setahun, Betrand Peto Mengaku Sedih Pikir Masa Depannya

The Onsu Family/Grid.


Betrand Peto mengaku sedih karena hak asuh Ruben Onsu dan Sarwendah terhadap dirinya tinggal setahun lagi.

Saat ini Betrand Peto sudah berusia 16 tahun, dimana pada 14 Maret lalu, penyanyi bintang remaja itu merayakan ulang tahun kelahirannya.

Betrand mengaku sedih karena belum mengetahui seperti apa nasibnya jika tidak diasuh lagi oleh The Onsu Family.

Hal itu karena selama ini, Ruben Onsu adalah orang yang telah membesarkan namanya dan mendapuknya sebagai penyanyi profesional di belantika musik tanah air. Jika hak asuh selesai, bisa jadi Ruben tidak punya hak lagi untuk mendapuk remaja asal Cancar, Manggarai, Flores, NTT ini.

"Ya bukannya enggak suka kalau ulang tahun. Cuman I (aku) enggak sukanya cepat dewasa. Udah bukan anak-anak lagi. Khawatir," ungkap Betrand pada momen ulang tahunnya yang dirayakan live di program acara Brownis Trans TV.




Meski tidak secara langsung menyebut hak asuh The Onsu Ffamily, tapi setidaknya Betrand Peto telah mengetahui perjanjian awal antara Ruben Onsu dengan keluarganya.

Ruben Onsu pernah mengatakan hal itu kepada Deddy Corbuzier dalam sebuah kesempatan podcast.

Bahwa di usia Betrand yang ke-18, ia bisa saja kehilangan putranya itu secara hukum. Betrand bisa saja pergi tanpa ikatan apa-apa lagi dengan keluarga Ruben di Jakarta.

Ruben mengatakan bahwa dia bukan mengangkat Betrand Peto sebagai anak. Saat ini dia hanya memiliki hak asuh Betrand Peto.

"Di mana nanti di usia dia 17, ketika dia mau pilih stay dengan gue, gue harus sidang lagi," kata Ruben Onsu.

Ayah dua anak ini menjelaskan, saat ini status Betrand Peto di keluarganya adalah anak asuh, bukan anak angkat.

"Anak angkat dan hak asuh beda. Secara negara anak asuh," ujar Ruben.




Presenter senior ini mengakui bahwa ketika video Betrand Peto viral dan ia jatuh hati pada Betrand, muncul keinginan untuk mengadopsinya.

Ruben Onsu pun mengundang orang tua kandung Betrand Peto ke Jakarta.

Bahkan Ruben juga melakukan proses ritual adat untuk yang dilakukan ditempatnya sebelum mengajukan proses adopsi ke pengadilan.

Meski begitu, batas maksimum hak asuh menurut hukum di Indonesia adalah 17 tahun. Ketika 18 tahun, seorang anak bisa melepaskan diri dari orangtua yang mengasuhnya.

Dengan keadaan demikian, sudah seharusnya Ruben mempersiapkan panggung musik yang baik untuk Betrand sehingga suatu waktu nanti Betrand bisa menjadi penyanyi yang mandiri untuk meniti karirnya.*

Posting Komentar untuk "Hak Asuh Ruben Onsu Tinggal Setahun, Betrand Peto Mengaku Sedih Pikir Masa Depannya"