Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikut sambut baru di Bajawa, warga Ende meninggal setelah terpapar Covid-19

RSUD Bajawa/Ist.

Kabar duka datang dari Bajawa di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Seorang pasien Covid-19 meninggal dunia sesaat sebelum mendapatkan pertolongan medis di Rumah Sakit Umum Daerah Bajawa, Rabu (30/6).

Adalah Maria Yasinta Eny p Ningsi (59), warga Puunaka, Kelurahan Tetandara, Kecamatan Ende Selatan, Kabupaten Ende, dinyatakan terpapar Covid-19 ketika selesai mengikuti acara sambut baru cucunya di Bajawa.



Belum diketahui kapan acara komuni pertama tersebut berlangsung. Namun Maria merasakan gejala seperti demam dan sesak napas hanya beberapa waktu usai acara tersebut.

Diduga acara tersebut dilaksanakan pekan lalu, karena pada 22 Juni, Maria sempat menjalani pemeriksaan tes antigen oleh Dokter Nur di Bajawa. Hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

Dengan hasil tersebut, Maria pun disarankan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah anaknya yang terletak di Ngalisabu, Kelurahan Bajawa, Kecamatan Bajawa.



Pihak kesehatan mendesak Maria untuk menjalani perawatan intensif di RSUD Bajawa tetapi tidak diindahkan dan lebih memilih untuk isolasi di rumah anaknya.

Akhirnya, pada Selasa kemarin, gejalanya makin parah sehingga harus dilarikan ke RSUD Bajawa. Belum juga tiba di rumah sakit, Maria sudah dinyatakan meninggal dunia, Rabu dini hari tadi, sekitar pukul 05.00 WITA.

Jenazah Maria tidak bisa dibawa ke Ende dan akhirnya dimakamkan di Pekuburan Wolobaja Bajawa sesuai dengan protokol Covid-19.

Kepala BPBD Ngada Allan Watu Jawa membenarkan peristiwa tersebut dan mengatakan bahwa, tim gugus tugas sempat meminta korban dirawat di RSUD Bajawa.

"Baru tadi kami dapat telpon dari keluarga. Mereka meminta supaya pasien tersebut diantar ke rumah sakit. Tapi kondisi sudah tidak bisa tertolong lagi dan meninggal dunia di RSUD Bajawa," ujar Allan kepada Pos Kupang.


Dia mengatakan, tidak hanya korban yang terpapar Covid-19, tetapi juga keluarga di rumah anaknya. Anggota keluarga yang lain saat ini sedang dirawat intensif.

Dengan kematian Maria, sudah ada 10 orang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Ngada yang meninggal dunia.*

Selamat jalan Mama Maria.

Posting Komentar untuk "Ikut sambut baru di Bajawa, warga Ende meninggal setelah terpapar Covid-19"