Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Momen Sedih Christian Eriksen Ambruk di Lapangan, Begini Kronologi dan Penjelasan Dokter

Momen Christian Eriksen ambruk di lapangan/Ist.

Graha Budaya -- Momen sedih terjadi pada hari kedua Euro 2020 yang mempertemukan Denmark dan Finlandia pada Sabtu (12/6) malam. Christian Eriksen tampak terjatuh dan ambruk di lapangan setelah menyentuh bola lemparan ke dalam dari rekannya.

Baik pemain Denmark maupun Finlandia tidak menyangka bahwa gelandang yang membawa Inter Milan meraih scudetto tahun 2020/2021 itu tersungkur tak berdaya.

Permainan pun terhenti sementara karena pemain 29 tahun itu tak juga bangun. Akhirnya rekan setimnya dan wasit langsung menuju tempat Eriksen terbaring di sudut lapangan. Mereka berusaha melakukan pertolongan pertama pada Eriksen.

Para pemain Denmark yang melihat kondisi rekannya, berbaris melingkar dan membelakangi tim medis yang berupaya memberikan pertolongan.

Para penonton kedua tim yang menyaksikan peristiwa tersebut pun ikut terhanyut dalam kesedihan. Mereka memberikan dukungan kepada Eriksen dengan menyanyikan lagu menyebut nama Christian Eriksen.

Meski Denmark kalah 0-1 dari lawannya dalam laga perdana itu, tapi kedua tim tetap peduli pada kondisi Eriksen yang ambruk.

Finlandia meraih kemenangan berkat gol Joel Pohjanpalo pada menit ke-59. Adapun kedua tim bermain di Stadion Parken, Copenhagen, Denmark.



Penjelasan Dokter

Setelah pertandingan, dokter tim Denmark Morten Boesen mengatakan bagaimana momen-momen krusial saat berusaha menolong Eriksen di lapangan.

Boesen mengatakan bahwa denyut jantung Christian Eriksen ketika itu semakin lama semakin melambat. Tapi pada akhirnya setelah dilakukan pertolongan pertama Eriksen bisa kembali sadar.

"Dia bernapas, dan saya bisa merasakan denyut jantungnya. Namun, tiba-tiba hal itu berubah. Dan seperti yang disaksikan semua orang, kami mulai memberikan CPR," ungkap Boesen kepada AP, dikutip Minggu (13/6).

"Kami mampu mendapatkan Christian kembali dan dia sudah bisa berbicara dengan saya sebelum dia dibawa ke rumah sakit," imbuhnya.



Kronologi Kejadian

Dihimpun dari berbagai sumber, disebutkan bahwa Eriksen terjatuh dan kolaps setelah menerima bola lemparan ke dalam rekan setimnya di pinggir lapangan.

Melihat Eriksen belum terbangun, pemain Finlandia dan Denmark yang berada di sekelilingnya dengan cepat apa yang terjadi dengan bintang Denmark itu.

Bersama wasit Anthony Taylor dari Inggris, mereka pun bergegas melambaikan tangan agar tim medis segera masuk lapangan.

Kapten Denmark Simon Kjaer adalah salah satu orang yang langsung memberikan pertolongan pertama kepada Eriksen. 

Bahkan sejumlah sumber menyebut bahwa Kjaer juga sempat melakukan CPR kepada Eriksen sebelum tim medis datang.

Saat Christian Eriksen ditangani tim medis, kamera televisi juga sudah tak lagi mengarahkan sorotan ke titik lapangan tersebut sebagai bentuk empati. 

Terlihat ekspresi sedih dan kaget di penjuru lapangan dari penonton kedua tim.

Setelah itu, Eriksen dibawa keluar lapangan dengan memakai tandu untuk mendapat perawatan lanjutan.

Saat itu UEFA memutuskan laga ini untuk ditunda karena situasi darurat, sampai pemberitahuan lebih lanjut.

"Pertandingan UEFA EURO 2020 di Kopenhagen ditunda karena keadaan darurat medis," bunyi pernyataan UEFA.

Ketika ditandu ke luar kapangan, kondisi  Eriksen berangsur membaik. Ia pun terlihat sudah membuka mata sembari memegangi kepala. Ia memakai alat bantu oksigen.

Setelah mendapatkan perawatan medis lebih lanjut, kondisi Eriksen pun kembali stabil. Sejumlah laporan juga menyatakan Eriksen saat ini sadar dan bisa berbicara.

Karir Sepakbola Eriksen Sulit Dilanjutkan

Profesor Kardiologi Spesialis Olahraga London's St George's University, Sanjay Sharma, bakal sulit bagi Eriksen untuk melanjutkan karier sepakbolanya.

"Kabar baiknya adalah dia masih hidup. Kabar buruknya adalah dia akan segera mengakhiri kariernya. Jadi apakah dia akan tetap bisa bermain di pertandingan sepak bola profesional lainnya, saya tidak bisa mengatakan. Di Inggris dia tidak akan bermain. Kami akan sangat ketat tentang hal itu," katanya.

Dia menilai pasti ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh Eriksen dan dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut lagi. 

Sharma mengungkap sangat berisiko mengizinkan Eriksen bermain kembali.

"Saya sangat senang. Fakta dia stabil dan sudah sadar. Ini adalah hal akan sangat bagus," ujar Sharma.

Sharma yang aktif memberikan seminar terkait kesehatan jantung para pesepakbola di Inggris mengungkap bahwa Eriksen takkan diperbolehkan tampil lagi jika bermain di Inggris.

Sharma mengatakan kini keputusan berada di tangan Eriksen dan Inter Milan terkait kelanjutan karier Eriksen ke depannya.*

Posting Komentar untuk "Momen Sedih Christian Eriksen Ambruk di Lapangan, Begini Kronologi dan Penjelasan Dokter"