Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puji Tuhan, 13 Frater SVD Tahbis Diakon di Ledalero-Maumere

Uskup Frans dan 13 diakon SVD/Yanto Lobo.


Rahmat Tuhan senantiasa bekerja dalam diri orang-orang pilihannya yang mau secara serius menjadi abdi-Nya.

Dan syukur tak terhingga bahwa tiap tahun Tuhan selalu mengurapi rahmat-Nya yang penuh kuasa kepada orang-orang beriman yang siap melayani umat-Nya di dunia.

Seperti yang terjadi pada Sabtu (5/6) kemarin, 13 frater dari Serikat Sabda Allah (SVD), ditahbiskan menjadi diakon oleh Uskup Keuskupan Larantuka Mgr. Fransiskus Kopong Kung, Pr.

Ketigabelas diakon SVD ditahbiskan di Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero, Maumere, Kabupaten Sikka, NTT.

Dengan rahmat tahbisan pertama ini, ketigabelas diakon dinyatakan layak menjadi hamba Tuhan untuk menjalankan pelayanan sakramen kepada umat Katolik.



Ketigabelas calon imam ini memilih tema "Memberi dari Kekurangan" dalam tahbisan diakon. Tema ini menjadi pegangan sebagai pelayan dan pewarta sabda Allah.

Adapun ketigabelas diakon berasal dari tiga keuskupan berbeda, yaitu Keuskupan Larantuka (4), Keuskupan Maumere (3) dan terbanyak dari Keuskupan Agung Ende (6).

Mereka pun berasal dari dua angkatan berbeda, yaitu angkatan Novisiat 2010 berjumlah 4 orang dan sisanya dari angkatan Novisiat tahun 2011.

Dari angkatan Novisiat 2010, yakni Diakon Nelson Sogen, Diakon Yanto Ria, Diakon Paskal Leuwayan, dan Diakon Robi Dukarno.

Sedangkan dari angkatan Novisiat 2011, yakni Diakon Yanto Lobo, Diakon Luis Mite, Diakon Andi Saup, Diakon Karis Jua, Diakon Aris Gah, Diakon Krispianus Leo, Diakon Laurensius Charlos Gaba, Diakon Fidelis Mali, dan Diakon Josep Lasakar.

Dalam homili tahbisan, Uskup Fransiskus Kopong Kung mengatakan bahwa seorang tertahbis harus bangga karena memiliki pelayanan istimewa.

Dia juga menekankan bahwa pelayanan bukan dihitung dari banyaknya tugas dan pekerjaan setiap hari.

Melainkan roh, bagaimana pelayanan itu dijiwai oleh roh yang memberikan manfaat positif bagi orang lemah.


Rektor Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero Pastor Frans Ceunpi, SVD pun menegaskan bahwa umat tertahbis mesti memberikan diri sepenuhnya kepada Tuhan.

Dia berpesan agar para Diakon juga mesti memperhatikan seluruh orang yang terpinggirkan seperti Yesus, sang Guru.*

Posting Komentar untuk "Puji Tuhan, 13 Frater SVD Tahbis Diakon di Ledalero-Maumere"