Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terungkap Ini Alasan Ridwan Kamil Bantu Bangun Patung Soekarno di Ende

Ridwan Kamil dan Djafar Achmad/Ist.

Graha Budaya -- Terungkap alasan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mau membantu material pembangunan patung Soekarno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Ridwan, alasan utama dukungan Pemprov Jabar untuk membantu Pemkab Ende adalah karena Soekarno menemukan butir-butir Pancasila dalam perenungannya di Ende ketika diasingkan kolonial Belanda.

Selain itu, Ridwan juga mengungkapkan bahwa dukungan itu diberikan karena keterkaitan Soekarno dengan tiga perempuan hebat ketika diasingkan.

Ketiga perempuan tersebut diantaranya adalah Inggit Garnasih yang merupakan istrinya dari Jabar. Lalu ada Ibu Amsi yang merupakan mertuanya, dan ada sosok Ratna Djuami sebagai anak angkat Bung Karno.

"Pemda Provinsi Jabar akan mengupayakan ada dukungan materi," tutur Ridwan Kamil dikutip dari siaran pers Humas Pemerintah Daerah Provinsi Jabar, Senin (14/6).



"Nanti ada sumbangan dari seluruh masyarakat Jabar di Ende, Mungkin nanti juga akan dikolaborasikan patung Bung Karnonya seperti apa," imbuhnya.

Menurut Ridwan, kerja sama kedua daerah ini terkait sejarah panjang perjalanan hidup Bung Karno dan Ibu Inggit Garnasih di masa lalu. Termasuk juga manfaat yang akan dirasakan masyarakat soal wawasan kebangsaan mengenai Pancasila.

"Menyambut baik konsep yang diusung Pemkab Ende yang menggunakan pendekatan budaya," papar Kang Emil.

"Saya kira itu sagat baik, apalagi terdapat rencana pelestarian budaya, dan perlombaan mirip Ibu Inggit serta mirip Bung Karno," tambahnya.

Kang Emil menambahkan, rencananya event untuk menghormati jasa Bung Karno dan Ibu Inggit Garnasih akan dilaksanakan di Bandung pada tahun depan.

Salah satu acara kegiatan tersebut yaitu, perlombaan mirip Ibu Inggit Garnasih.



Sementara itu, Bupati Ende Djafar Ahmad mengatakan, rencana pembuatan patung Bung Karno dibangun di Puncak Bukit Mega.

Patung tersebut sebagai penghormatan jasa presiden pertama Indonesia, Bung Karno.

Djafar menjelaskan mengapa pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dalam pembangunan patung Bung Karno di daerahnya.

Salah satunya karena ada kaitannya antara kisah Bung Karno yang diasingkan ke Kabupaten Ende dan adanya tiga perempuan asal Jawa Barat yang menemani Bung Karno salah satunya Inggit Garnasih.

"Ketika Bung Karno di Ende, ada tiga wanita asal Jabar yang punya peranan penting," ungkap Djafar.*

Posting Komentar untuk "Terungkap Ini Alasan Ridwan Kamil Bantu Bangun Patung Soekarno di Ende"