Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutup Usia, Ini Profil dan Sederet Prestasi Markis Kido

Markis Kido dan Hendra Setiawan/Ist.


Graha Budaya -- Kabar duka melanda dunia olahraga tanah air. Mantan atlet bulutangkis Indonesia Markis Kido secara mengejutkan dikabarkan meninggal dunia.

Atlet yang pernah meraih medali emas Olimpiade 2008 ini meninggal dunia diduga karena serangan jantung pada Senin (14/6) ketika sedang bermain bulutangkis di GOR Petrolin, Tangerang, Banten.

Ia sempat dilarikan ke Rumah Sakit Omni Alam Sutera, Tangerang Selatan, tapi Tuhan berkehendak lain. Akhirnya di sana ia menghembuskan napas terakhir.


Prestasi Markis Kido

Markis Kido telah dikenal sebagai salah satu atlet bulutangkis terbaik Indonesia yang banyak meraih prestasi di sektor ganda putra.

Pebulu tangkis kelahiran Jakarta, 11 Agustus 1984, ini memiliki pasangan yang sangat cocok dengan Hendra Setiawan yang sampai saat ini masih aktif bermain untuk Indonesia.

Kedua pasangan terbaik ini pernah meraih medali emas di SEA Games, Asian Games (2010), dan bahkan Olimpiade (2008).

Tidak berhenti di situ, keduanya juga meraih gelar juara BWF World Cup 2006, BWF World Championship 2007, juga sejumlah seri BWF Grand Prix seperti China Open.



Tercatat pula, Markis Kido meraih 7 kali medali emas Pesta Olahraga Asia Tenggara dan 10 kali juara Superseries.

Markis Kido memulai karier profesionalnya pada 2005 dan berpasangan dengan Hendra Setiawan hingga pensiun.

Duetnya mautnya dengan Hendra ini membuahkan banyak gelar termasuk 7 medali emas SEA Games.

Keduanya merupakan pasangan ganda putra andalan Indonesia setelah Chandra Wijaya/Tony Gunawan pensiun. Pasangan ini pernah menjadi juara dunia pada 2007.

Di sepanjang kariernya, pria 36 tahun ini berhasil mengoleksi 15 keping medali emas di berbagai kejuaraan bersama Hendra.

Selain sebagai pasangan ganda putra, Markis Kido juga turun di nomor ganda campuran. Dia pernah berpasangan dengan Lita Nurlita dan adik perempuannya, Pia Zebadiah Bernadet.

Prestasi pasangan Markis/Zebadiah pun cukup membanggakan. Duet kakak-beradik itu sukses meraih gelar juara pada Thailand Open 2013 dan Vietnam Open 2012.

Kini, Markis Kido telah menyelesaikan amal dan tugasnya di dunia dan segera memasuki alam baka.

Selamat jalan maestro. Doa kami menyertaimu. RIP.

Posting Komentar untuk "Tutup Usia, Ini Profil dan Sederet Prestasi Markis Kido"