Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Viral, Bupati Alor Marahi Mensos Risma Soal Politisasi Bantuan PKH

Mesnsos Tri Rismaharini dan Bupati Amon Djobo/Kolase.


Bupati Alor Amon Djobo marah terhadap Menteri Sosial Tri Rismaharini lantaran mempolitisasi penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) pasca bencana siklon tropis yang melanda Alor awal April lalu.

Pernyataan kemarahan Bupati Amon terungkap dari video yang beredar luas di media sosial pada Selasa (1/6) malam.

Video berdurasi 3,9 menit tersebut memperlihatkan Bupati Amon sedang memarahi para pejabat Kementrian Sosial di rumah jabatan Bupati Alor.




Di hadapan para pejabat Kemensos, Bupati Amon marah-marah karena bantuan PKH diurus oleh DPRD Alor, dan bukan oleh Pemkab Alor.

Dia pun mencurigai bahwa penyaluran bantuan itu sangat politis karena diberikan oleh partai politik.

Merasa diabaikan oleh Kemensos soal penyaluran bantuan PKH, Amon pun mengusir para pejabat dan memarahi atasan mereka, yaitu Menteri Risma.

"Menteri model apa menteri begitu. Dia tidak pernah datang ke Alor kok. Emang PKH itu DPR yang urus? Saya mau tanya dulu," ujar Amon dalam video tersebut.

Tidak puas, dia pun berjanji akan menyurati Presiden Joko Widodo mengenai permasalahan tersebut.

"Kau pulang sudah, besok saya kasih surat ke Presiden," katanya.

Bahkan, Baupati Amon bahkan mengancam akan melempar kursi ke staf Kementerian Sosial yang duduk berhadapan dengannya.

Bahkan Amon memaki-maki para pejabat yang hanya duduk termangu mendengar ocehannya. Kepada para pejabat dia menyebutnya dengan setan, iblis dan kata-kata yang kurang sopan.





Ketika dikonfirmasi Kompas.com, Bupati Amon membenarkan video tersebut.

"Itu video betul saya marah. Saya tidak ingat persis kapan karena saya sibuk. Saya marah karena bantuan PKH dikasih melalui DPRD. Padahal, seharusnya pemerintah daerah yang bagi," kata Amon. 

Amon menuturkan, bantuan PKH itu dikasih ke salah satu partai politik dan dibagikan oleh Ketua DPRD Alor kepada warga di wilayahnya, pasca Badai Seroja menerjang wilayah Alor.

Amon menegaskan tidak ambil pusing soal video yang beredar, karena yang dia sampaikan itu merupakan fakta yang terjadi di lapangan. 

Dia pun menyebut, siapa yang mengedarkan video itu dialah yang harus bertanggung jawab.

"Kita semua sama-sama urus negara ini dan tidak ada yang lebih hebat di negeri ini, tapi bantuan kemanusiaan itu harusnya pemerintah yang berikan kepada masyarakat, bukan DPRD," katanya.

Simak video lengkapnya berikut ini:


Posting Komentar untuk "Viral, Bupati Alor Marahi Mensos Risma Soal Politisasi Bantuan PKH"