Gama UGM dan Flotista UI Gelar Webinar dengan Sejumlah SMA di NTT - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gama UGM dan Flotista UI Gelar Webinar dengan Sejumlah SMA di NTT

Peserta webinar.
                                                                
JAKARTA (GRAHA BUDAYA) -- Gama Cendana Universitas Gajah Mada dengan Flotista Universitas Indonesia menggelar webinar kolaborasi dengan tema “Get Ready for College World” yang mengangkat judul “Aspire to Inspire Before We Expire” pada Sabtu (5/2).

Webinar tersebut dihadiri oleh 65 peserta yang berasal dari berbagai SMA di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk memberikan edukasi  kepada siswa SMA/SMK asal NTT mengenai pentingnya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, wawasan terkait penting bergabung dalam organisasi dan kepanitiaan di dunia perkuliahan, pentingnya mengembangkan soft/hard skill serta time  management.

Baca Juga: Kisah Haru 3 Kakak-Beradik Berusia Lebih dari 100 Tahun di Soe Saling Mengunjungi

Bayu Nusa Prayuda, selaku ketua panitia webinar mengungkapkan bahwa kegiatan ini bukan semata-mata hanya untuk memenuhi program kerja paguyuban melainkan ada visi besar yakni untuk memberikan kontribusi terhadap daerah tercinta.

"Kegiatan ini bukan hanya untuk memenuhi program kerja paguyuban, melainkan ada visi bersama kami untuk memberikan kontribusi terhadap daerah NTT," ungkapnya.

Dia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua peserta karena program kolaborasi bersama Flotista UI terselenggara dengan baik.

"Sebagai ketua panitia webinar, saya sangat mengapresiasi kepada para peserta dan juga berterima kasih kepada perwakilan Flotista UI karena telah membantu Gama Cendana dalam pelaksanaan webinar kolaborasi ini," katanya.

Baca Juga: Sudah Pisah dan Ingin Cerai, Randy Disebut Pernah Kabur ke Jakarta

Hadir juga pada kesempatan tersebut Ketua Gama Cendana UGM, Yanuaria Fitriana Bela. Fitri mengharapkan kegiatan webinar yang dapat memberikan dampak positif bagi peserta.

"Selaku Ketua dari Gama Cendana UGM, harapan saya adik-adik peserta mendapat wawasan  baru dari webinar ini," ucapnya.

Julio Rebado, perwakilan paguyuban Flotista UI, menegaskan bahwa kegiatan webinar kolaborasi ini merupakan cita-cita bersama kami membangun NTT.

"Webinar ini tidak terlepas dari cita-cita bersama kami untuk membangun NTT. Oleh karena itu, kami berusaha melibatkan SMA-SMA yang tersebar di wilayah NTT. Pertimbangannya, jelas untuk meningkatkan kualitas SDM dan akses pemerataan dalam bidang pendidikan di Provinsi NTT," jelasnya.

Salah satu alumnus UI asal NTT, Sonia Buftheim yang dipercayakan menjadi salah satu narasumber mengungkapkan bahwa kualitas pendidikan menjadi isu penting dan mendasar mengingat data Dukcapil 2021 yang mencantumkan angka kelulusan perguruan tinggi kurang dari 6%.

"Data Dukcapil 2021 menyebutkan bahwa jumlah penduduk NTT adalah sebesar 5,6 juta jiwa dan kurang dari 6% angka kelulusan perguruan tinggi dan sederajat, artinya kita perlu terus mendorong peningkatan angka penduduk terpelajar di NTT," paparnya.

Baca Juga: Bukan 27 Agustus, Astri dan Lael Disebut Dijemput Randy pada 28 September 2021

Sonia menggarisbawahi bahwa untuk menjadi lulusan yang berkualitas, baik soft skill dan hard skill, dan dia percaya anak NTT punya kualitas tinggal diberikan arahan.

"Untuk menjadi lulusan yang berkualitas tentu diperlukan persiapan sejak dini. Hard skill merupakan sesuatu yang bisa diraih dan dipelajari. Sedangkan soft skill merupakan atribut 'bawaan' kita sebagai individu. Saya percaya anak-anak NTT punya kualitas, tinggal diberi arahan dan bekal saja," ungkapnya.

Sementara itu, Nur Sa'adah Nubatonis, salah satu alumnus UGM asal NTT menyampaikan lebih baik melakukan sesuatu dari tidak sama sekali, karena kelau bukan kita yang melakukannya siapa lagi.

"Lebih baik melakukan sesuatu yang dapat kita lakukan, sekecil apapun dari diam dan menjadi penonton. Kita disini untuk belajar. Belajar untuk Belajar dan Belajar untuk Mengajar, kalau bukan kita, siapa lagi?" tegasnua.

Baca Juga: Bocah di Maroko Tewas Usai Jatuh di Sumur Sedalam 32 Meter, Raja Ikut Berduka

Salah satu peserta webinar Clarita Jehamun dari SMAN 1 Langke Rembong, menyampaikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini.

Menurut dia, kegiatan webinar memberikan pengetahuan baru yang diperoleh dari para alumni.

“Dari webinar ini, saya mendapatkan ilmu yang tidak diajarkan di sekolah. Mulai dari materi tentang dunia perkuliahan, dunia kerja, sampai pada soft skill dan hard skill yang perlu ditingkatkan lagi untuk mempersiapkan dunia perkuliahan," katanya.

Dia berharap kegiatan serupa bisa terus dilakukan agar membantu membuka mata dan mindset anak-anak muda NTT untuk berkembang menjadi lebih baik.

"Saya berharap kegiatan seperti ini terus diadakan kedepannya sehingga semakin banyak siswa SMA asal NTT yang memperoleh gambaran informasi seputar dunia kampus," ungkapnya.*

3 komentar untuk " Gama UGM dan Flotista UI Gelar Webinar dengan Sejumlah SMA di NTT"