Mantan Ketua KWI Uskup Emeritus FX Hadisumarta Berpulang - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mantan Ketua KWI Uskup Emeritus FX Hadisumarta Berpulang

Uskup Emeritus Hadisumarta.

JAKARTA (GRAHA BUDAYA) -- Uskup Emeritus Fransiscus Xaverius Sudartanta Hadisumarta O.Carm adalah mantan Uskup Emeritus Manokwari-Sorong dan Malang.

Diketahui bahwa mantan Ketua KWI ini menghembuskan napas terakhir di Jakarta, Sabtu (12/2) dini hari pukul 03.31 WIB di usia yang ke-89 tahun. 

Rencananya pemakaman berlangsung pada 17 Februari 2022 di Pemakaman Sukun, Malang.

Baca juga: GMIT Imbau Jemaat Jangan Ikut Serta dalam Demo Kasus Astri dan Lael

Hadisumarta masuk SMA St. Albertus Malang. Pada tahun 1952 ia masuk Ordo Kamel dan pada 16 Juli 1953 menerima kaul pertama, dan ditahbiskan menjadi imam 12 Juli 1959 di Malang, Jawa Timur. 

Romo Hadisumarta menjadi pengajar di Seminari Tinggi Pematang Siantar dan kemudian di Seminari Tinggi Malang. Ia juga menjadi Provinsial Ordo Karmel di Indonesia.

Uskup Hadisumarta juga merupakan ahli dalam bidang tafsir Kitab Suci, dengan dasar pendidikan di Seminari Tinggi Malang, kemudian belajar tafsir Kitab Suci di Roma dan Yerusalem.

Romo Hadisumarta ditunjuk menjadi Uskup Malang pada 1 Maret 1973, bertepatan dengan dikabulkannya permohonan pengunduran diri Mgr. Antoine Everardo Jean Avertanus Albers, O.Carm. oleh Paus Paulus VI. Tahbisan uskup berlangsung pada tanggal 16 Juli 1973, di halaman tengah susteran Ursulin Cor Jesu, Jln. J.A. Suprapto 55, Malang.

Baca juga: Siap Autopsi Kasus Penkase, Dokter Sumy Tunggu Perintah Atasan

Tahun 1979 hingga 1988 menjadi Ketua Konferensi Waligereja Indonesia. Ia ditunjuk menjadi Uskup Manokwari-Sorong pada 5 Mei 1988 oleh Paus Yohanes Paulus II. 

Uskup Hadisumarta menjabat hingga 30 Juni 2003 dan masa jabatannya berakhir karena mengundurkan diri. Setelah pensiun, Ia tinggal di Wisma Karmel, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, sambil  aktif dalam menulis homili di situs Iman Katolik.*

1 komentar untuk "Mantan Ketua KWI Uskup Emeritus FX Hadisumarta Berpulang"

  1. RIP. Romo Hadi ini pendiri THS-THM kah?...🙏🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus