Tak Ketinggalan, PLN Sudah Bangun 10 SPKLU di Indonesia Timur - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Ketinggalan, PLN Sudah Bangun 10 SPKLU di Indonesia Timur

Pameran mobil listrik/Liputan6.

JAKARTA (GRAHA BUDAYA) -- Untuk masyarakat Indonesia Timur, sekarang sudah tak kalah jauh lagi sama masyarakat di Pulau Jawa. Perlahan, sudah mulai ada pemerayaan pembangunan.

Salah satunya adalah pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Stasiun ini digunakan untuk mengisi daya kendaraan listrik.

Disebutkan bahwa PT PLN sudah membangun SPKLU di sepuluh titik di wilayah Indonesia Timur. Mulai dari NTB sampai dengan Papua.

Baca Juga: Bukan 27 Agustus, Astri dan Lael Disebut Dijemput Randy pada 28 September 2021

Di Provinsi NTB sudah dibangun satu unit SPKLU di Kota Mataram; kemudian di NTT terdapat satu SPKLU di Labuan Bajo; Sulawesi Utara tiga SPKLU di Manado; Kendari (Sulawesi Tenggara) dan Makassar (Sulsel) tiga unit; Ambon (Maluku) satu unit; dan Papua satu unit.

"Sekarang sudah bisa mengisi mobil listrik karena PLN membuat SPKLU," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Youtube Kementerian BUMN, Sabtu (5/2).

Baca Juga: Laporan TPFI Jadi Petunjuk Polisi Bongkar Pelaku Lain, BS: Terima Kasih Tuhan

Hingga saat ini PLN telah membangun total 74 SPKLU di seluruh wilayah Indonesia. Pembangunan stasiun kendaraan listrik tersebut baik oleh PLN sendiri maupun dalam kerja sama dengan swasta.

"Sekarang sudah ada 74 lokasi SPKLU yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengisi mobil atau motor listriknya," ungkapnya.

Tahun ini, PLN menargetkan penambahan 14 SPKLU di area Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara (Sulmapana).

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN Adi Priyanto berharap percepatan era kendaraan listrik bisa mendorong electrifying lifestyle yang hemat energi dan ramah lingkungan.

"Kami juga mengajak investor untuk berkolaborasi dalam program partnership SPKLU dengan model bisnis sharing economy," ungkapnya.

Baca Juga: Profil Pendidikan Hery Nts: Kuliah D4 Tahun 2016, Lulus S2 Tahun 2021

Untuk diketahui bahwa pengisian daya listrik pada SPKLU dapat dilakukan melalui aplikasi Charge.IN yang telah tersedia di aplikasi PLN Mobile. Pengguna bisa mengontrol, serta memonitor pengisian baterai mobil atau sepeda motor listrik di SPKLU.

Untuk pengisian daya harian kendaraan listrik di rumah, PLN juga tengah memberikan insentif. Pemilik home charging yang terkoneksi dengan jaringan PLN dan Charge.IN akan diberikan diskon tarif daya sebesar 30% pada pukul 22.00 hingga 05.00 untuk pengisian KBLBB roda empat.

Selain itu, ada insentif biaya penyambungan spesial untuk tambah daya senilai Rp150.000 untuk tambah daya sampai dengan 11.000 VA, dan Rp450.000 untuk tambah daya sampai dengan 16.500 VA.*

Posting Komentar untuk "Tak Ketinggalan, PLN Sudah Bangun 10 SPKLU di Indonesia Timur"