Pater Alex Beding Berpulang di Usia 98 Tahun, Selamat Jalan Guru! - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pater Alex Beding Berpulang di Usia 98 Tahun, Selamat Jalan Guru!

Pater Alex Beding, SVD.

GRAHA BUDAYA -- Kabar duka datang dari tarekat Serikat Sabda Allah (SVD). Pater Alex Beding SVD dikabarkan telah tutup usia di Rumah Sakit St. Gabriel Kewapante, Maumere, pada Sabtu (12/3), pukul 04.22 WITA.

Pater Alex Beding meninggal dalam usia 98 tahun setelah dirawat selama beberapa hari di rumah sakit milik Susteran SSpS tersebut.

Beberapa jam sebelum meninggal Pater Alex masih menerima video call dengan Pater Paul Budi Kleden SVD, superior general SVD dari Roma, Italia.

Baca juga: In Memoriam: Pater John Jawa O.Carm dan Sebungkus Kenangan

Menurut rencana, Pater Alex dimakamkan di pekuburan SVD, di Ledalero, Sabtu (12/3).

Pater Provinsial, Lukas Jua SVD yang sedang menyelenggarakan sidang akan menghentikan sidang dan berangkat ke Ledalero pagi ini dan akan memimpin misa requiem pemakaman Pater Alex.

Almarhum telah merayakan 70 tahun imamat dan 77 tahun berkaul. Dia terkenal sebagai penerjemah buku dan artikel dari bahasa Belanda, Jerman atau Inggris ke dalam bahasa Indonesia.

Pater Alex Beding mengisi masa tuanya baik selama tinggal di Biara Santo Arnoldus Larantuka dan terakhir di Biara Simeon Ledalero, masih aktif menulis dan menerjemahkan buku. 

Imam kelahiran Lamalera, Lembata  selama ini berkerja sebagai guru di Seminari Mataloko, kemudian berpindah ke Ende dan mendirikan dua mingguan Dian. 

Dia juga mengubah biro naskah Percetakan Arnoldus menjadi Penerbit Nusa Indah.

Mantan guru bahasa Indonesia dan Rektor serta Prefek di Seminari Mataloko ini adalah saudara sulung dari almarhum Marsel Beding, mantan wartawan Kompas yg kemudian Anggota DPR RI. 

Salah seorang adik almarhum adalah juga seorang Imam, Pater Bosco Beding SVD, yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas di Jln. Matraman Jakarta tahun 1989 ketika bertugas sebagai Sekretaris Komsos KWI dan anggota badan sensor film nasional.  

Seorang adik almarhum, suster (amlh) Benedicta Beding CIJ, adalah pendiri panti asuhan Naungan Kasih yang terletak di Jalan El Tari Ende.

Selamat jalan Pater Alex Beding SVD. Requiescat in Pace.

1 komentar untuk "Pater Alex Beding Berpulang di Usia 98 Tahun, Selamat Jalan Guru!"

  1. Selamat jalan dan kembali ke rumah Bapa,bapa Pater Aleks Beding.Jasamu tak dapat dilukiskan dan sejarah indah telah Bapa tulis wariskan kepada generasi muda SVD dan umat Katolik di seantero jagat.Lamalera sangat berduka dan kami pun sangat kehilangan figur idola dalam kehidupan.Kenangan dan profil hidupmu menjadi inspirasi dan motivasi besar bagi kami untuk membangun spiritualitas hidup menggereja.RIP

    BalasHapus