Survei Charta Politika: Ansy Lema Masuk 4 Besar Calon Gubernur NTT 2024 - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Survei Charta Politika: Ansy Lema Masuk 4 Besar Calon Gubernur NTT 2024

Ansy Lema. Dok.Pribadi.

GRAHA BUDAYA -- Anggota Komisi IV DPR RI Yohanis Fransiskus Lema atau disapa Ansy Lema sebagai wajah baru dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTT 2024 memiliki angka elektebilitas yang terbilang tinggi.

Hal ini berdasarkan hasil survei Charta Politika yang merilis beberapa nama calon kepala daerah pilihan rakyat dalam Pemilihan Gubernur 2024 belum lama ini.

Dalam hasil survei yang berlangsung pada 4-12 Maret 2022, Charta Politika mendapatkan 12 calon kepala daerah yang elektabilitasnya melebihi 1 persen dari pilihan 800 responden.

Baca juga: Lengkap: Nama dan Asal 18 Warga NTT Korban Kecelakaan di Papua

Hampir semua figur yang masuk dalam rilis tersebut merupakan politisi senior yang sudah lama berjibaku dalam kontestasi politik NTT.

Satu nama baru yang muncul dari survei Charta Poltika ini adalah Ansy Lema, politikus muda dari Fraksi PDIP yang menjabat sebagai anggota DPR periode 2019-2024.

Politikus cerdas dan kritis asal Ende ini tergolong baru karena baru memulai jejak politiknya di NTT ketika terpilih menjadi Anggota DPR RI periode 2019-2024 dari daerah pemilihan NTT 2 (Timor, Sumba, RoteNdao, Sabu Raijua).

Baca Juga: Tangis Pecah Saat 18 Jenazah Korban Kecelakaan di Papua Tiba di Kupang

Ansy Lema sebagai salah satu pendatang baru di tengah para politisi senior wajah lama yang sejak lama berjibaku dalam kontestasi politik NTT.

Ansy Lemadalam survei tersebut menjadi pilihan 10,4% responden, berada di bawah senior se-partainya Emi Nomleni yang memperoleh 11,1%.

Dari keduabelas nama itu, kandidat lain yang memperoleh elektabilitas di atas 10% adalah petahana Viktor B Laiskodat (27,5%) dan politisi senior Beny K Harman (11,3%).

Baca Juga: 10 Orang Hebat Rote yang Mengharumkan Nama NTT di Kancah Nasional dan Dunia

Namun, dengan margin of error sebesar 3-4%, maka posisi kedua, ketiga, dan keempat yang hanya selisih selisih 1% dalam survei tersebut sebenarnya tidak seimbang. 

Nama-nama kandidat senior lainnya adalah Jefri Riwu Kore (5,3%), Melki Laka Lena (4,3%), Esthon Foenay (4,1%), Cornelis Kodimete (2,9%), Joseph A Naesoei (2 ,1%), Patris Lali Wolo (2%), Fary Jemi Francis (1,5%) dan Alosius Lalo Madi (1,1%).

Baca juga: Panggilan Terbentuk di Keluarga, 3 Saudara Kandung Jadi Suster 1 Kongregasi

Menurut pengamat politik Eko Sri Rahardjo, dalam 3 tahun terakhir figur Ansy Lema memang terekam melakukan gebrakan yang tidak biasa dalam kerja politik bagi rakyat NTT di tingkat pusat.

Perkembangan, kritik dan kerja nyata bagi rakyat NTT terlihat jelas, disaksikan langsung dan bahkan dinikmati oleh rakyat terutama nelayan, petani, dan peternak. 

"Figur yang satu ini memberikan cara dan metode baru dalam berpolitik. Harus diakui banyak yang terkesima bahkan kagum dengan gebrakan kerja nyata Ansy," tuturnya.

Menurut Eko, Ansy Lema menjadi wajah baru dalam deret nama-nama lama yang masuk dalam kandidat kepala daerah pada Pilgub NTT 2024 ditempatkan di papan atas.*

Posting Komentar untuk "Survei Charta Politika: Ansy Lema Masuk 4 Besar Calon Gubernur NTT 2024"