Acara Amal di Gereja Nigeria Berakhir Tragis, 31 Jemaat Tewas - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Acara Amal di Gereja Nigeria Berakhir Tragis, 31 Jemaat Tewas

Acara Amal Berujung Tragis (iNews.id)

GRAHA BUDAYA-- Sebuah acara amal gereja di kota Port Harcourt di negara bagian Rivers, Nigeria Selatan pada Sabtu (28/5) berakhir tragis. 

Dilansir dari The Associated Press, yang diterima dari polisi setempat, ada 31 orang yang tewas karena terinjak-injak dan tujuh luka-luka. Seorang saksi mengatakan korban tewas termasuk seorang wanita hamil dan banyak anak-anak.

Peristiwa mengerikan tersebut terjadi akibat warga berdesak-desakan dalam kerumunan.

Sebuah sumber mengatakan, beberapa warga tiba sejak Jumat (27/5/2022) malam. 

Kemudian ratusan warga yang datang pagi pada Sabtu (28/5/2022) tiba-tiba menerobos gerbang. Peristiwa tak diduga ini menyebabkan kerumunan. Mereka memadati lokasi saling berdesakan, menyebabkan jatuh korban. 

Juru bicara polisi, Grace Iringe-Koko, mengatakan bahwa program amal hari sabtu dimulai pukul 9 pagi, namun banyak yang tiba lebih awal. Entah bagaimana mereka membobol gerbang.

Baca Juga: Ini Rundown Acara Kunker Presiden Jokowi ke Ende dan Ngada

"Program amal hari Sabtu seharusnya dimulai pukul 9 pagi, tetapi lusinan orang tiba lebih awal pada pukul 5 pagi untuk mengamankan tempat mereka dalam antrean. Entah bagaimana gerbang yang terkunci itu dibobol, menimbulkan keributan," kata Iringe-Koko.

Selanjutnya ia menjelaskan kejadian tersebut karena melibatkan banyak orang yang mencari program amal tahunan.

"Penyerbuan pada acara yang diselenggarakan oleh gereja Pantekosta Majelis Raja di negara bagian Rivers itu melibatkan orang-orang yang datang ke program amal tahunan "Belanja Gratis" gereja," ungkap Grace Iringe-Koko.

Baca Juga: PDIP NTT Lamar Figur Kurang Populer Jadi Calon Gubernur 2024

Dilansir dari The Globe and Mail, banyak dari korban datang ke program amal tahunan "Belanja Gratis" yang diselenggarakan oleh gereja. 

Peristiwa seperti itu biasa terjadi di Nigeria, ekonomi terbesar di Afrika, di mana lebih dari 80 juta orang hidup dalam kemiskinan, menurut statistik pemerintah.

Kejadian yang sama pernah terjadi antara tahun 2013 dan tahun 2014. 

Dilansir dari media Daily Sabah, 24 orang tewas pada pertemuan gereja yang penuh sesak di negara bagian tenggara Anambra pada 2013, sementara sedikitnya 16 orang tewas pada 2014 ketika kerumunan menjadi tidak terkendali selama pemutaran film untuk pekerjaan pemerintah di ibu kota negara itu, Abuja.*

Posting Komentar untuk "Acara Amal di Gereja Nigeria Berakhir Tragis, 31 Jemaat Tewas"