Gimmick Ira Disoroti, Netizen Bandingkan dengan Jessica dalam Kasus Mirna - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gimmick Ira Disoroti, Netizen Bandingkan dengan Jessica dalam Kasus Mirna

Ira Ua dan Jessica Kumala Wongso.

GRAHA BUDAYA -- Kasus pembunuhan ibu dan anak di Kupang Astri Manafe dan Lael Maccabbee begitu menyita perhatian masyarakat NTT, khususnya Kota Kupang. Kasus ini telah berjalan hampir delapan bulan dan kini menunggu persidangan.

Salah satu fakta yang menyita perhatian publik belakangan ini adalah wawancara tersangka Irawaty Astana Dewi Ua alias Ira Ua dengan sebuah media di Kupang.

Dalam wawancara itu, Ira yang merupakan istri terdakwa Randy Suhardy Badjideh menceritakan banyak hal mengenai fakta seputar peristiwa pembunuhan Astri dan Lael. Dia juga mempertanyakan alasan penyidik menetapkannya sebagai tersangka.

Baca juga: Ini Pertentangan Fakta antara Yance Mesakh dengan Ira Ua

"Setelah saya ditetapkan menjadi tersangka karena menurut bapak-bapak yang punya wewenang alasan suami saya berbuat kejahatan karena saya memarahi suami saya karena berselingkuh sehingga suami saya niat membunuh, perlu digarisbawahi bahwa menurut mereka suami saya berniat karena saya, bukan saya yang berniat atau tidak ada satupun perkataan saya ditemukan saya menyuruh suami saya," katanya, Jumat (6/5).

Publik secara khusus menyoroti gimmick yang diperlihatkan Ira Ua dalam wawancara tersebut. Dia terlihat menangis namun agak tertahan sambil mengelap air mata dengan tisu. Suaranya terbata-bata.

Terkadang Ira tersenyum lebar ketika menjawab pertanyaan, lalu menahan tangis. Ekspresi wajahnya berubah-ubah sesuai isi pembicaraan.

Baca juga: Ira Ua Mengaku Baru Tahu Korban Astri dan Lael Dihabisi Randy pada Oktober 2021

Publik menilai, gimmick Ira Ua saat wawancara nyaris sama dengan gimmick yang diperlihatakn Jessica Kumala Wongso dalam sidang kasus pembunuhan berencana Wayan Mirna Salihin pada 2016.

Kala itu, Jessica yang merupakan teman kuliah dari korban dengan ekspresi menangis membantah terlibat sebagai pelaku pembunuhan temannya sendiri. Jessica terkadang mengelap air matanya.

"JESIKA WONGSO vs Mirna Salihin; IRA UA vs Astrid & Lael malaikat kecil. Tisu yang sama senyum kemunafikan juga terlihat dengan jelas," tulis akun Facebook Cinta Rigan, Minggu (8/5).

Baca juga: Tampil Perdana ke Publik, Ira Ua Bantah Hasut Randy Habisi Astri dan Lael

Kasus pembunuhan berencana yang dilakukan Jessica terhadap teman kuliahnya Mirna Salihin pada Januari 2016 begitu menyita perhatian publik tanah air.

Tepat pada 6 Januari 2016, Mirna meninggal dunia usai menyeruput kopi yang ternyata berisi racun sianida. Sebelum meninggal, Mirna bertemu dengan dua teman kuliahnya, Jessica Kumala Wongso dan Hani, di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta.

Dia minum es kopi vietnam yang dipesan Jessica. Setelah meminum kopi, Mirna langsung mengalami kejang-kejang, lalu tak sadarkan diri. Mulutnya mengeluarkan buih. 

Sempat dibawa ke sebuah klinik di Grand Indonesia, Mirna mengembuskan napas terakhirnya dalam perjalanan menuju ke Rumah Sakit Abdi Waluyo. 

Dari hasil penyelidikan, polisi mengungkapkan bahwa ada zat sianida dalam kopi Mirna. Racun mematikan tersebut juga ditemukan di lambung Mirna. Setelah diperiksa, ternyata ada sekitar 3,75 miligram sianida dalam tubuh Mirna. 

Setelah melakukan penyelidikan lebih dalam terhadap para saksi dan bukti, serta melakukan gelar perkara, polisi akhirnya menetapkan seorang tersangka. 

Jessica kemudian dinyatakan sebagai tersangka pada akhir Januari 2016, sebelum ia divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 27 Oktober 2016. 

Dia divonis kurungan penjara selama 20 tahun dan saat ini masih mendekam di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Kendati banyak bukti yang mengarah pada Jessica, tidak sedikit pihak yang beranggapan Jessica tidak bersalah. Pada akhirnya, sejumlah kesaksian berikut yang memberatkan Jessica sehingga ia dinyatakan bersalah telah melakukan pembunuhan berencana kepada Mirna.*

Posting Komentar untuk "Gimmick Ira Disoroti, Netizen Bandingkan dengan Jessica dalam Kasus Mirna"