Ini Perbedaan Versi Isi Chat Ira ke Jack Manafe - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Perbedaan Versi Isi Chat Ira ke Jack Manafe

Ira Ua dan Jack Manafe.

GRAHA BUDAYA -- Tersangka Irawaty Astana Dewi Ua alias Ira Ua akan menjalani sidang praperadilan pada Kamis, 12 Mei 2022. Ira ditetapkan berdasarkan hasil penyelidikan tim penyidik Polda NTT.

Ira Ua dinyatakan terbukti menghasut, menyuruh atau mengancam yang menyebabkan kematian korban Astri Manafe dan Lael Maccabbee di Kupang.

Dalam wawancara dengan beberapa media di Kupang baru-baru ini, Ira membantah bahwa dia tidak pernah melakukan apa yang disangkakan kepadanya. Dia mengaku tidak memiliki niat jahat sama sekali kepada korban.

Baca juga: Ini Pertentangan Fakta antara Yance Mesakh dengan Ira Ua

Bahkan kepada keluarga korban, Ira mengaku tidak menebar ancaman karena korban Astri telah mengganggu rumah tangganya. Dia hanya bersikap sabar.

Kepada kakak korban, Jack Manafe, Ira mengaku pernah berkomunikasi, dalam hal ini mengirim pesan melalui Mesenger. Kontak kakak korban diperolehnya dari Santi Mansual alias SM teman dekatnya.

Ira berpikir bahwa sebagai kakak, Jack Manafe bisa menasihati korban Astri agar tidak lagi mengganggu rumah tangganya.

“Dia (Astri) hanya mencintai suami saya, jadi pada saat itu kami (Ira dan Shanty) memutuskan untuk mencari kontak kakak laki-laki korban karena menurut saya yang juga memiliki kakak laki-laki yang tidak saling ikut campur urusan masing-masing tapi seorang kakak laki-laki tidak akan membiarkan adik perempuannya larut dengan laki-laki yang sudah mempunyai istri jadi saya menginbox kakak korban,” katanya.

Baca juga: Ira Ua Mengaku Baru Tahu Korban Astri dan Lael Dihabisi Randy pada Oktober 2021

Ketika mendengar pengakuannya, Jack Manafe terkejut karena masalah perselingkuhan tersebut berisiko besar.

“Saya yang mengira dampak kepada rumah tangga saya meminta tolong sebelum dampak dan resiko pada rumah tangga saya semakin besar saya mohon kakak korban untuk menasihati korban,” pungkasnya.

Dalam perjalanan waktu, Ira melihat tidak ada perubahan dari sikap Astri. Dimana korban terus mencari tahu suaminya Randy melalui orang-orang terdekatnya.

Ira lantas memberikan nomor handphonenya kepada Jack Manafe agar bisa menginformasikan kepadanya seandainya Randy dan Astri masih berhubungan.

Baca juga: Sidang Praperadilan Ira Ua akan Digelar pada 12 Mei 2022

Selang beberapa waktu, korban Astri justru meminta SM memberitahukan kepada Ira agar mencari korban atau mengontaknya.

“Saya tidak ada urusan dengan dia karena saya hanya berurusan dengan suami saya. Kalau dia yang perlu dengan saya berarti dia yang WA saya bukan saya WA dia,” tukasnya.

Baca juga: warga Ktoa Kupang Berdoa untuk Kasus Astri dan Lael

Versi Jack Manafe

Pada Desember 2021 lalu, Jack Manafe, pernah mengatakan bahwa pesan inbox Facebook yang dikirim oleh Ira menjadi motif pembunuhan kedua korban.

Pesan inbox dari IU kepada Jack Manafe dikirim pada tanggal 6 Juli 2021, tepat sebulan sebelum Astrid dan Lael berangkat dari rumah dan akhirnya ditemukan meninggal karena dibunuh.

Menurut Jack Manafe, isi pesan Ira yang merupakan istri RB saat itu adalah memintanya untuk berbicara kepada Astri, agar tidak lagi mengganggu suaminya.

Pengirim pesan inbox itu juga mengatakan bahwa akan berusaha melarang suaminya RB untuk tidak mengganggu Astri, yang adalah mantan pacar RB sejak masih SMA.

“Berdasarkan fakta dan keterangan yang sudah kami berikan kepada penyidik tingkat Polsek waktu itu bahwa, motif pembunuhan berasal dari kecemburuan. Karena Astri dianggap sebagai ancaman serius bagi pelaku,” ujar Jack Manafe, Kamis (9/12/2021).

Dia mengatakan, selain pesan inbox dari IU, keluarga juga mengungkapkan isi chat antara Ira dan Astri yang berisi nada ancaman serius kepada korban. Semua barang bukti itu diduga kuat menjadi motif pembunuhan Astrid dan Lael.

Jack Manafe menjelaskan, ketika Astri dan Lael pergi meninggalkan rumah saat itu, pihaknya hanya berpikir bahwa, Astri pergi ke rumahnya RB untuk menyelesikan persoalannya, tanpa menduga bahwa ia sudah masuk dalam jebakan yang sudah direncanakan para pelaku.

“Bukti-bukti ini yang menguatkan kami bahwa pembunuhan Astrid dan Lael sudah direncanakan, dan pasti melibatkan orang lain. Karena saksi yang diperiksa telah memberikan keterangan, dan penyidik tingkat Polsek sudah tahu," ungkapnya.*

Posting Komentar untuk "Ini Perbedaan Versi Isi Chat Ira ke Jack Manafe"