Ini Pertentangan Fakta antara Yance Mesakh dengan Ira Ua - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Pertentangan Fakta antara Yance Mesakh dengan Ira Ua

Ira Ua dan Yance Mesakh.

GRAHA BUDAYA -- Wawancara eksklusif antara Irawaty Astana Dewi Ua alias Ira Ua istri terdakwa Randy Suhardy Badjideh dengan sebuah media di Kupang menggegerkan publik NTT.

Wawancara yang digelar pada Jumat (6/5) tersebut merupakan penampilan perdana Ira Ua setelah kasus pembunuhan ibu dan anak Astri Manafe dan Lael Maccabbee mengemuka pada Oktober 2021.

Publik NTT kemudian membandingkan gimmick Ira Ua dalam wawancara tersebut dengan Jessica dalam kasus kopi Mirna. Percakapan mengenai wawancara tersebut tersebar dan trending di media sosial.

Baca juga: Ira Ua Mengaku Baru Tahu Korban Astri dan Lael Dihabisi Randy pada Oktober 2021

Mantan penyidik Polda NTT yang kini membantu mengadvokasi kasus Penkase, Buang Sine melihat ada pertentangan fakta antara apa yang disampaikan Ira Ua dengan keterangan penasihat hukumnya, Yance Thobias Mesakh beberapa waktu lalu.

Dalam sebuah wawancara, Yance Mesakh pernah mengatakan bahwa Randy pulang ke rumah mertuanya di Naikolan pada tanggal 29 Agustus 2021. Saat itu, Ira Ua marah-marah suaminya dan mengatakan RB selingkuh dengan korban Astri.

Sementara, pada 27 dan 28 Agustus, Randy menghilang dari rumahnya di Alak.

Baca juga: Tampil Perdana ke Publik, Ira Ua Bantah Hasut Randy Habisi Astri dan Lael

Fakta tersebut bertentangan dengan keterangan yang diberikan Ira. Menurut dia, Randy pada 28 Agustus malam masih menjemputnya di kosan temannya.

Ira berada di kosan teman gurunya karena melanjutkan mengerjakan perangkat pembelajaran bersama teman-teman guru di di daerah Kelurahan Kayu Putih.

“Saya mempunyai bukti GPS lengkap, di tanggal 28 (Agustus) malam, suami menjemput saya untuk pulang ke rumah kami di Kelurahan Alak. Pada saat itu kami tiba di rumah sudah tengah malam dan langsung beristirahat,” terang Ira Ua.

Baca juga: Ira Ua Sebut Ada 'Seseorang' yang Mengatakan Randy Dipaksa Ungkap Tersangka Lain

Kemudian, pada 29 Agustus, Randy pulang kantor dan ke rumah orang tua Ira di Naikolan sekitar pukul 15.00 WITA.

Ira sempat mengecek linimasa di Google Maps handphone Randy dan menemukan di sekitar tanggal 27-28 Agustus Randy berada di Kelurahan Kelapa Lima dengan durasi yang cukup lama. Ira pun menduga suaminya sudah berbohong kepadanya.

“Saya yang tahu rumah korban berada di wilayah Kelurahan Kelapa Lima langsung berpikir bahwa suami saya telah berbohong kepada saya untuk pergi berselingkuh dengan korban,” urainya.

Ira kemudian memanggil Randy dan meminta menjelaskan alasan mengapa dia pamit pergi ke Pulau Semau, tetapi catatan di Google Maps mengatakan bahwa dia berada di Kelurahan Kelapa Lima, yang diduga merupakan tempat tinggal korban.

“Suami saya berkata bahwa seharusnya saya mempercayai dia bukan mempercayai aplikasi bodoh seperti Google Maps. Namun pada saat saya berkata bahwa Google Maps tidak pernah salah dan lebih baik jujur saja atau saya kasih tahu keluarga bahwa kamu berselingkuh, dia langsung marah dan mengatakan kamu mau kasih tahu silahkan, terserah, saya sedang capek, suka-suka kamu saja, saya mau pergi dari sini,” ungkap Ira meniru perkataan suaminya.

Setelah itu, Randy pun pergi dari rumah orang tua Ira di Naikolan. Ira kemudian membuntuti Randy dari belakang, dengan pergi ke rumah mereka di Alak. Namun di sana dia tidak menemui suaminya.

Dia terus berusaha mencari Randy namun tidak berhasil didapatkannya. Dia juga berusaha menelpon Randy tetapi HP suaminya tidak aktif hingga malam hari. Dia kemudian menelpon beberapa teman Randy tetapi mereka juga tidak mengetahuinya.

Dia meminta bantuan teman di kantor Randy untuk mencarinya hingga malam hari. 

Sekitar pukul 21.00 WITA, Ira dan temannya memutuskan untuk pulang ke rumah di kelurahan Naikolan. Dalam perjalanan, ada notifikasi SMS masuk ke HP-nya yang menyatakan SMS-nya sudah terkirim.

Dia kemudian menelpon suaminya. Namun Randy menolak hingga istrinya berjanji tidak lagi menuduhnya selingkuh dan membuka blokir kontak dan mencari tahu Astri lagi.

Ira pun bergegas pergi ke rumah mereka di Alak. Kemudian Randy datang. Dia sempat menanyakan kepada suaminya dari mana saja tetapi Randy menjawab singkat: dari jauh. Karena tidak ingin bertengkar, Ira memutuskan untuk tidur malam.

Perbedaan fakta mengenai waktu dan peristiwa ini menurut Buang Sine merupakan bukti kebohongan yang sangat nyata.

"Jadi siapa yang bohong? YM atau IU? Ketahuan bohongnya, kan?" pungkasnya.

Buang Sine menduga kuat bahwa pada tanggal 27 Agustus 2021 malam, Ira sudah mengetahui posisi RB suaminya, yang berada dalam waktu lama di Kelapa Lima. 

Ira telah mengontrol posisi suaminya melalui aplikasi GPS Life 360 yang dipasangnya.

"Jadi pada malam tanggal 27 Agustus 2021 ketika IU mengetahui posisi suaminya di Kelapa Lima dan Kelapa Lima identik dengan  Astri, maka IU bersama "teman-temannya" segera bergerak menuju ke posisi RB dan terjadilah KISAH TRAGIS itu. Hal ini klop dengan inbox orang yang mau disewa bunuh RB dan juga rekaman suara dua wanita yang mengatakan IU dan teman-temannya menemukan RB dan AT di suatu tempat dan membunuh kedua korban," ungkapnya.*

Posting Komentar untuk "Ini Pertentangan Fakta antara Yance Mesakh dengan Ira Ua"