Ira Ua Sebut Ada 'Seseorang' yang Mengatakan Randy Dipaksa Ungkap Tersangka Lain - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ira Ua Sebut Ada 'Seseorang' yang Mengatakan Randy Dipaksa Ungkap Tersangka Lain

Randy dan istrinya Ira Ua.

GRAHA BUDAYA -- Kasus pembunuhan ibu dan anak di Kupang, Astri Manafe dan Lael Maccabbee semakin heboh setelah tersangka Irawaty Astana Dewi Ua alias Ira Ua tampil ke publik pada Jumat (6/5).

Dalam wawancara eksklusif dengan Katantt.com, Jumat (6/5), Ira Ua mengatakan bahwa suaminya dipaksa oleh penyidik agar memberikan nama tersangka lain dalam kasus pembunuhan Astri dan Lael.

"Saya juga mengetahui dari seseorang yang pernah bertemu dengan suami bahwa suami saya disumpah oleh penyidik kalau tidak memberikan nama tersangka lain maka suami saya akan dihukum mati, kalau memberikan nama maka hukuman akan dikurangi," katanya dikutip Digtara.com.

Baca juga: Ira Ua Mengaku Baru Tahu Korban Astri dan Lael Dihabisi Randy pada Oktober 2021

Dia mengaku ada yang aneh dalam penanganan kasus Astri dan Lael. Bahwa penetapan tersangka bukan berdasarkan penyelidikan dan fakta-fakta persidangan tetapi berdasarkan keyakinan penyidik.

"Saya baru tahu kalau negosiasi hukuman ada di polisi bukan berdasarkan keyakinan hakim selama fakta persidangan,” ucapnya.

Ira mengatakan dia sendiri dipaksa berkali-kali oleh penyidik Polda NTT agar mengaku bersalah. Padahal dia telah memberikana informasi yang sebenarnya kepada penyidik.

Baca juga: Ira Ua Mengaku Pernah Minta Cerai ke Randy pada Mei 2021

Penyidik telah menetapkan tersangka baru Ira Ua pada 27 April 2022. Ira Ua terakhir kali diperiksa pada Senin (25/4) oleh tim penyidik Ditrekrimum Polda NTT

Pemeriksaan terakhir terhadap Ira Ua bersamaan dengan munculnya namanya dalam dakwaan Randy yang dirilis Pengadilan Negeri Kupang pada 25 April.

Berkas dakwaan Randy didaftarkan dengan nomor perkara 80/Pid.B/2022/PN Kpg di PN Kupang pada 25 April 2022.

Baca juga: Tampil Perdana ke Publik, Ira Ua Bantah Hasut Randy Habisi Astri dan Lael

Dalam dakwaan, disebutkan bahwa dakwaan Ira Ua diajukan secara terpisah. Randy dan Ira terbukti "melakukan, menyuruh melakukan atau turut serta melakukan, dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, yakni korban Astri Evita Seprini Manafe."

Atas perbuatannya, mereka dijerat Pasal 340 KUHPidana Jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana, Pasal 338 KUHPidana Jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana, Pasal 80 Ayat (3) Jo. Pasal 76C Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.*

Posting Komentar untuk "Ira Ua Sebut Ada 'Seseorang' yang Mengatakan Randy Dipaksa Ungkap Tersangka Lain"