Aksi Damai Sampaikan Kasus Penkase dan Ansel Wora ke Jokowi, PMKRI Ende 'Dilabrak' Warga - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Damai Sampaikan Kasus Penkase dan Ansel Wora ke Jokowi, PMKRI Ende 'Dilabrak' Warga

Pengurus PMKRI Ende.

GRAHA BUDAYA -- PMKRI Cabang Ende menggelar aksi damai menjelang kedatangan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Ende pada Selasa, 31 Mei 2022 dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila. Aksi damai PMKRI dilakukan di Kota Ende pada Senin, 30 Mei 2022 pagi.

Ketua PMKRI Cabang Ende Ipiranus Laka Mau dalam konferensi pers di Marga PMKRI Ende, mengatakan aksi damai tersebut digelar sebagai bentuk penyampaikan aspirasi publik kepada Kepala Negara.

Dia mengeklaim bahwa aksi tersebut bukanlah demonstrasi anarkis melainkan sebuah aksi damai yang memiliki tujuan sangat positif dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

Baca juga: Pakar Hukum: Jika Bukan Randy Pemukul Kepala Lael, IU Diduga Pelakunya

Sayangnya, ketika hendak menggelar aksi pada Senin pagi, mereka didatangi sekelompok warga yang meminta PMKRI menghentikan aksinya. Sekelompok warga tersebut bahkan menuduh bahwa PMKRI Cabang Ende menolak kehadiran Jokowi.

"Pagi tadi di sekitar jam 08.00 ketika teman-teman PMKRI menyiapkan atribut nah di situ ada oknum masyarakat datang menghadang kita dan mereka menyampaikan bahwa kami (PMKRI) menolak Presiden Joko Widodo," katanya ketika diwawancarai wartawan Tribun Flores, Senin (30/5).

Dia menerangkan bahwa aksi damai tersebut telah mendapat persetujuan dari kepolisian, dalam hal ini Polres Ende. Pemberitahuan kepada Polres Ende sudah dilayangkan melalui surat sejak pekan lalu. Namun ketika terjadi bentrokan dengan warga, tidak ada aparat kepolisian yang hadir melerainya.

"Kami sudah menjelaskan kepada mereka bahwa PMKRI secara organisatoris menerima kedatangan Presiden Jokowi di Ende dan kami juga tidak tahu isu yang beredar di luar bahwa PMKRI menolak Joko Widodo," katanya.

Baca juga: Selain RB dan IU, Kasus Penkase Berpotensi Menyeret hingga 5 Pelaku Lain

Pada kesempatan itu, Sekretaris PMKRI Cabang Ende pun sempat membacakan beberapa tuntutan PMKRI Ende dalam aksi damainya jelang kedatangan Jokowi.

Pertama, PMRKI Cabang Ende mendorong Presiden RI selaku Presidensi G20 untuk mendamaikan konflik Rusia dan Ukraina.

Kedua, PMKRI Cabang Ende mendesak Presiden RI agar menurunkan harga BBM.

Ketiga, PMKRI Cabang Ende mendesak Presiden RI untuk mengusut tuntas mafia minyak goreng yang ada di Indonesia.

Baca juga: 2 Kali Ancam Warga, Oknum Polwan Kota Kupang Terancam Dipolisikan

Keempat, PMKRI Cabang Ende mendesak Presien RI untuk melegitimasi Ende sebagai kota kelahiran Pancasila.

Kelima, PMKRI Cabang Ende menuntut Presiden RI untuk mendesak pihak kepolisian dan Kapolda untuk mengusut tuntas kasus Astri Manafe dan Lael serta kasus Anselmus Wora.

Keenam, PMKRI mempertanyakan kepada Bupati Ende mengapa Presiden RI tidak diagendakan pleseran di Soekarno.*

Diclaimer: Berita diperbaharui pada pukul 10.58 WITA karena kekeliruan penulisan nama Ketua PMKRI Ende dari yang sebelumnya Oktavianus Erik Roume menjadi Ipiranus Laka Mau.

Posting Komentar untuk "Aksi Damai Sampaikan Kasus Penkase dan Ansel Wora ke Jokowi, PMKRI Ende 'Dilabrak' Warga"