Masalah Ligamen Kaki, Dokter Anjurkan Paus Fransiskus Jangan Lagi Berjalan - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah Ligamen Kaki, Dokter Anjurkan Paus Fransiskus Jangan Lagi Berjalan

Paus Fransiskus radang ligamen kaki.

GRAHA BUDAYA -- Paus Fransiskus kini menderita sakit pada ligamen kakinya. Dokter pun menganjurkan agar Paus asal Argentina tersebut jangan lagi berjalan.

Pada akhir April lalu, Paus Fransiskus mengatakan bahwa kakinya terus mengalami masalah sehingga sakit saat berjalan. 

Selama beberapa minggu terakhir, Paus Fransiskus telah membatalkan pertemuan dan memilih untuk menghabiskan lebih banyak waktu duduk selama audiensi publik atau Misa di Vatikan.

Baca juga: Ira Jadi Tersangka, Jack Manafe: Dari Awal Kami Duga Tersangka Lebih dari 1 Orang

“Ada masalah: kaki ini tidak bagus, tidak berfungsi, dan dokter sudah menyuruhku untuk tidak berjalan. Aku suka pergi... tapi kali ini saya harus taat dokter,” ujarnya dalam pertemuan dengan kelompok ziarah Katolik dari Slovakia pada 30 April 2022.

Paus Fransiskus berbicara kepada ribuan umat Katolik yang datang berziarah ke Roma dari Slovakia sebagai ucapan syukur atas perjalanan Paus ke negara mereka.

Baca juga: Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Bernyanyi Doa Bapa Kami

Serukan Perdamaian Rusia-Ukraina

Meski menderita sakit, Paus Fransiskus tetap bertugas, termasuk ikut berupaya mencari perdamaian perang Rusia-Ukraina.

Mengomentari perang tersebut, Paus dari Serikat Jesuit (SJ) menilai bahwa Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) melakukan provokasi di pintu Rusia yang memungkinkan telah menyebabkan serangan ke Ukraina.

Dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Italia Corriere della Sera, Paus Fransiskus merefleksikan agresi mematikan Rusia terhadap tetangganya itu.

“Kehadiran NATO di negara-negara terdekat Rusia telah ‘memprovokasi’ Moskow. Itu mungkin memfasilitasi invasi,” ucap Paus dikutip dari Politico, Rabu (4/5).

Paus Fransiskus mengutuk “kebrutalan” perang dan membandingkannya dengan perang saudara Rwanda tahun 1990-an, yang mengakibatkan genosida minoritas Tutsi.

"Takhta Suci telah meminta sejak pertengahan Maret untuk pertemuan antara (Paus) Fransiskus dan Putin di Moskow," kata pihak Vatikan.

“Tentu saja kami membutuhkan pemimpin Kremlin untuk mengalokasikan jendela waktu. Kami belum mendapat tanggapan apa pun, dan kami masih berusaha, bahkan jika saya khawatir Putin tidak dapat dan tidak ingin mengadakan pertemuan ini saat ini,” ujar Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus pun mengatakan akan pergi ke Moskow.

"Pertama saya harus pergi ke Moskow, pertama saya harus bertemu Putin," katanya.

Francis mengatakan dia telah membatalkan pertemuan dengan Patriark Kirill, kepala Gereja Ortodoks Rusia dan pendukung utama Putin yang telah membenarkan perang, karena mereka berdua berpikir itu akan terlihat "ambigu”. Tetapi dalam panggilan telepon mengatakan dia memperingatkan Kirill bukan untuk “mengubah dirinya menjadi putra altar Putin.”

Sejak invasi ke Ukraina, Fransiskus telah berulang kali mengkritik invasi tersebut.

Dia menghindari menyebut nama Putin secara eksplisit, sejalan dengan kebijakan luar negeri Vatikan untuk menjaga pintu tetap terbuka untuk kemungkinan dialog.*

Posting Komentar untuk "Masalah Ligamen Kaki, Dokter Anjurkan Paus Fransiskus Jangan Lagi Berjalan"