Masyarakat Sumba Angkat Jenderal Dudung sebagai Tokoh Adat Agung - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masyarakat Sumba Angkat Jenderal Dudung sebagai Tokoh Adat Agung

Jenderal Dudung di Sumba Timur.

GRAHA BUDAYA -- Masyarakat Sumba Timur di Provinsi Nusa Tenggara Timur memberikan penghargaan istimewa kepada KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Jenderal Dudung yang terkenal tegas dan berani ini diangkat sebagai "Saudara Sulung" atau Tokoh Adat Agung oleh warga tatkala kunjungannya ke Sumba Timur.

Penobatan Jenderal Dudung dilakukan oleh tokoh adat setempat, Gidion Mbiliora di Desa Pindu Wangga Wundut, Sumba Timur.

Baca juga: Hindari Amukan Massa, Polda NTT Diminta Segera Tahan Ira Ua

Dudung yang menerima penghormatan tersebut mengaku terharu karena baru kali ini dia angkat dengan begitu terhormat.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Sumba Timur.

"Bagi saya penobatan ini merupakan suatu kehormatan dan penghargaan yang tak terhingga. Ini berarti kita bersaudara dan jika ada masalah di Sumba Timur, saya bisa merasakannya dan sebaliknya, permasalahan di Jakarta bisa dirasakan masyarakat di sini," ucapnya.

Baca juga: Bocah SD di Kupang Dihamili Pamannya Sendiri

Dia menjelaskan bahwa kunjungannya ke Sumba Timur dalam rangka melihat sejauh mana peran TNI AD di masyarakat dalam membuat sumur hidram. 

Melihat kondisi masyarakat Desa Pindu Wangga Wundut yang pertumbuhan perekonomiannya masih rendah, Dudung mengaku terharu dan ingin memperbaikinya.

"Perlahan-lahan TNI AD dibantu Pemerintah Daerah akan membantu menciptakan dan menumbuhkan perekonomian di Desa ini menjadi lebih baik, sehingga masyarakat akan menjadi lebih makmur," ungkapnya.

Baca juga: PH Korban Desak Polda NTT Tahan Ira Ua Demi Kepastian Hukum

Kepada masyarakat setempat, Dudung menyerahkan bantuan satu rumah untuk janda tua yang hidup sendiri dan sumur bor untuk warga desa setempat.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis yang turut dihadiri olsh, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat, dan Pemerintah Daerah setempat. 

"Ini merupakan realisasi dari salah satu Perintah Harian KSAD agar TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat," tukasnya.*

Sumber: Sindonews

Posting Komentar untuk "Masyarakat Sumba Angkat Jenderal Dudung sebagai Tokoh Adat Agung"