Penyidik Diminta Segera Tahan Ira Ua - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyidik Diminta Segera Tahan Ira Ua

Randy dan istrinya Ira Ua.

GRAHA BUDAYA -- Penyidik Polda NTT diminta segera menahan tersangka Irawaty Astana Dewi Ua alias Ira Ua, istri terdakwa Randy Suhardy Badjideh alias RB.

Ira Ua bersama Randy terbukti melakukan pembunuhan terhadap ibu dan anak di Kupang, Astri Manafe dan Lael Maccabbee.

Keduanya dijerat Pasal 340 KUHPidana jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana, Pasal 338 KUHPidana jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana, Pasal 80 Ayat (3) jo. Pasal 76C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Baca juga: Polda NTT: Keterangan 58 Saksi Jadi Dasar Penetapan Tersangka Ira Ua

Namun sampai saat ini Ira Ua masih berkeliaran karena tidak ditahan polisi. Dia beberapa kali tampil di media untuk memberikan keterangan mengenai kasus yang menjeratnya. Dia membantah terlibat dalam kasus pembunuhan Astri dan Lael.

Hal ini membuat publik NTT geram dan mendesak polisi segera menahan tersangka. Publik memandang, jika tidak segera ditahan maka tersangka bisa saja menghilangkan atau merusak barang bukti yang ada.

Penyidik Polda NTT mengatakan Ira Ua tidak ditahan karena pertimbangan tersangka merupakan seorang PNS, ibu rumah tangga dan kooperatif ketika diperiksa.

"Ada pertimbangan dari penyidik karena yang bersangkutan kooperatif, ibu rumah tangga dan sebagai PNS," kata Kabid Humas Polda NTT AKBP Aria Sandy kepada wartawan di Kupang, Senin (9/5).

Baca juga: Ini Pernyataan Ira Ua yang Membuatnya Jadi Tersangka

Mantan penyidik yang kini turut mengadvokasi kasus Astri dan Lael mengatakan Ira Ua kemungkinan akan ditahan pada 21 Mei mendatang. Jika tidak, maka akan ada upaya paksa dari penyidik.

"Tanggal 21 pasti ditangkap dan ditahan.

Upaya paksa dilakukan," tulis Buang Sine di akun Facebooknya, dikutip Minggu (15/5).

Sementara itu, Koordinator Aliansi Pencari Keadilan Astri dan Lael Christo M.T. Kolimo mengatakan Ira Ua tidak menyembunyikan kejahatan yang telah dibuatnya.

Dia percaya bahwa kebenaran akan tersingkap untuk mengalahkan kejahatan.

"Oleh karena itu, kami minta anda (Ira Ua) sudahi semua dengan kejujuran. 5 tahun lalu, Jessika juga melakukan drama yang sama tetapi akhirnya tumbang demi kebenaran. Mau bersembunyi dengan cara apapun tidak akan mampu menghalangi kami menyuarakan kebenaran. Kebenaran akan menemukan jalannya sendiri," katanya di akun Facebook, Jumat (13/5).*

Posting Komentar untuk "Penyidik Diminta Segera Tahan Ira Ua"