PH Ira Ua Bantah Randy Sebut Kliennya Terlibat dalam Kasus Penkase - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PH Ira Ua Bantah Randy Sebut Kliennya Terlibat dalam Kasus Penkase

Randy dan Ira Ua.

GRAHA BUDAYA -- Perhatian publik NTT, khususnya Kota Kupang kini tertuju pada proses persidangan terdakwa Randy Suhardy Badjideh alias RB dan praperdilan Irawaty Astana Dewi Ua alias Ira Ua.

Dalam dakwaan yang dirilis jaksa penuntut umum (JPU), Randy dan Ira disebut  "melakukan, menyuruh melakukan atau turut serta melakukan, dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, yakni korban Astri Evita Seprini Manafe."

Atas perbuatannya, mereka dijerat Pasal 340 KUHPidana Jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana, Pasal 338 KUHPidana Jo. Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHPidana, Pasal 80 Ayat (3) Jo. Pasal 76C Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Baca juga: Ini Perbedaan Versi Isi Chat Ira ke Jack Manafe

Sidang perdana terdakwa Randy telah digelar pada 11 Mei lalu. Dalam sidang itu, Randy setidaknya membantah tiga poin dakwaan yang dibacakan JPU.

Beberapa kali Randy menyebut nama istrinya dalam peristiwa pembunuhan ibu dan anak di Kupang, Astri Manafe dan Lael Maccabbee.

Aliansi Peduli Kemanusiaan di Kupang pun menduga bahwa Randy secara tidak langsung mengatakan Ira Ua terlibat kasus Astri Lael pada medio Agustus 2021.

"Ada pengakuan Randy disana yang menunjuk bahwa yang turut berpartisipasi adalah Ira Ua," ucap Yaherlof Foeh, anggota aliansi, Rabu (11/5) dikutip Pos Kupang.

Baca juga: Terungkap Alasan Ira Ua Tidak Ditahan: Kooperatif, PNS dan IRT

Menanggapi dugaan tersebut, tim kuasa hukum Ira Ua, Dicky Ndun menegaskan bahwa dalam sidang perdana itu Randy tak pernah mengatakan bahwa kliennya berpartisipasi dalam kasus Astri dan Lael.

Dicky yang mengikuti jalannya persidangan Randy mengatakan tidak ada pernyataan Randy yang secara jelas mengatakan keterlibatan istrinya, Ira Ua.

"Pernyataan aliansi itu bukan pernyataan hukum, semua orang bisa saja sampaikan pendapat yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," katanya.*

Posting Komentar untuk "PH Ira Ua Bantah Randy Sebut Kliennya Terlibat dalam Kasus Penkase"