Ira Ua Ditahan, Jack Manafe Sebut Mulai Hari Ini 2 Kubu Lawan 1 Kubu - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ira Ua Ditahan, Jack Manafe Sebut Mulai Hari Ini 2 Kubu Lawan 1 Kubu

Ira Ua dan Jack Manafe.

GRAHA BUDAYA -- Kakak korban pembunuhan ibu dan anak di Kupang, Stefanus Jekson Manafe alias Jack Manafe menanggapi kabar penahanan tersangka Irawaty Astana Dewi Ua alias Ira Ua oleh penyidik Polda NTT, Rabu (25/5) malam.

Istri terdakwa Randy Suhardy Badjideh tersebut ditahan berdasarkan Surat Perintah Penangkapan Nomor: SP-Kap/13/V/2022/ Ditreskrimum Polda NTT yang diterbitkan pada Kamis, 25 Mei 2022.

Jack Manafe mengatakan bahwa mulai hari ini, Kamis (26/5) akan ada pertentangan antara kubu-kubu yang terkait dengan kasus pembunuhan Astri dan Lael.

Baca juga: Resmi Ditahan, Ira Ua Terancam Pidana Mati seperti Randy

Dia secara menyebut bahwa ada satu kubu yang selama bersembunyi di balik topeng terkait kasus yang mendera keluarganya. Kubu tersebut akan dilawan oleh dua kubu.

Belum diketahui kubu mana saja yang dimaksudkan kakak korban tersebut. Namun dia mensinyalir bahwa kubu-kubu tersebut sama-sama berasal dari Pulau Rote.

"Hari ini babak baru dimulai, dua kubu bergabung melawan satu kubu yg selama ini tersembunyi di balik topengnya yang licik, masa Rote makan Rote. Lu licik ktg lbh licik. Keturunan ular beludak. Tuhan sudah berkata ke ktg semua akan kelihatan bagaikan cahaya. Siap-siap su teo sayang... Fery cepat su jemput di Rote ko," tulisnya di akun Facebook, Kamis (26/5) pagi.

Baca juga: Bayu Sebut IU Sering 'Kepo' Hubungan Astri dan RB Lewat Sonia Sepupu Baron

Jack Manafe sebelumnya diperiksa sebagai saksi dalam sidang kasus pembunuan adiknya di Pengadilan Negeri Kupang.

Dalam sidang itu, dia mengatakan bahwa keluarganya mengetahui kematian kedua korban dari Santi Mansula, teman korban. Santi memberitahukan itu pada 1 November.

Adapun, Ira Ua ditahan setelah penyidik melakukan pemeriksaan marathon sejak 24 Mei lalu pasca praperadilan Ira Ua ditolak Pengadilan Negeri Kupang, 19 Mei 2022.

Sejak Selasa, 24 Mei, Ira Ua menjalani beberapa kali pemeriksaan intens. Pemeriksaan terakhir dilakukan mulai Rabu sore pukul 17.00 WITA hingga Kamis dini hari. Pada pukul 21.00 WITA, tersangka pembunuhan Astri dan Lael tersebut ditahan.

Baca juga: Ada Bercak Darah di Jok Mobil Rush, Pemilik Rental Sebut RB Sempat Pinjam Avanza

Selama pemeriksaan, penyidik menduga Ira Ua telah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana sebagaimana dimaksud pasal 340 KUHPidana Subs pasal 338 KUHPidana Jo Pasal 55 Ayat (1) ke 2 KUHPidana Jo Pasal 80 Ayat (3) dan((4) Jo Pasal 76 C UU No.35 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang No.23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak atau Pasal 221 ayat (1) KUHPidana.

Pasal 340 KUHP menyatakan bahwa “Barang siapa sengaja dan dengan rencana lebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana, dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun”.

Sementara, Pasal 338 KUHP mengatur tentang pembunuhan biasa yang tidak direncanakan dan tidak disertai pidana lain ancamannya maksimal 15 tahun penjara.

Baca juga: Bantah Ayah Korban, Randy Sebut Biayai Kelahiran Lael

Selanjutnya, UU Perlindungan Anak mengatur tentang ancaman hukuman bagi siapapun yang melakukan kekerasan atau penganiayaan terhadap anak. Tak tanggung-tanggung, ancaman hukumannya lima tahun penjara dan denda Rp100 juta.*

Posting Komentar untuk "Ira Ua Ditahan, Jack Manafe Sebut Mulai Hari Ini 2 Kubu Lawan 1 Kubu"