Selain RB dan IU, Kasus Penkase Berpotensi Menyeret hingga 5 Pelaku Lain - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selain RB dan IU, Kasus Penkase Berpotensi Menyeret hingga 5 Pelaku Lain

Randy dan Ira Ua.

GRAHA BUDAYA -- Gaung kasus pembunuhan ibu dan anak di Kupang, Astri Manafe dan Lael Maccabbee semakin kencang. Suami-istri, Randy Badjideh dan Ira Ua sudah ditahan penyidik Polda NTT.

Riuh-rendah percakapan masyarakat di media sosial setelah penyidik Polda NTT resmi mengenakan rompi tahanan kepada tersangka Ira Ua pada Jumat (26/5) lalu.

Banyak spekulasi yang muncul mengenai dugaan pelaku yang terlibat pembunuhan dua warga Kelapa Lima Kupang tersebut.

Baca juga: Polda NTT: Ira Ua Tidak Terlibat Namun Turut Serta dalam Kasus Penkase

Anggota TPFI yang juga mantan penyidik Polda NTT Buang Sine dalam unggahannya di media sosial menyertakan bukti inbox seorang saksi kejadian tersebut.

Demikianlah dinamakannya Mr X, adalah orang yang disebut cukup mengetahui kasus pembunuhan tersebut. Baik waktu, tempat maupun orang yang terlibat.

Saksi tersebut kepada seseorang pernah mengatakan, atau mengirim pesan inbox bahwa ada sekitar lima orang pelaku lain yang bakal terseret jika kasus ini benar-benar diungkap oleh penyidik.

"Kalo tabongkar semua berarti sekitar 5 orang yang terseret ni kasus. Ko Ira ju ada di tempat kejadian na," bunyi pesan inbox seorang saksi seperti diunggah Buang Sine di akun Facebooknya, Minggu (29/5).

Baca juga: RB dan IU Nyangkal, Pemukul Kepala Lael Masih Dipertanyakan

Saksi tersebut mengatakan bahwa Ira Ua menyewa seseorang untuk membunuh korban. Bukti pesan inbox tersebut, kata Buang Sine, sudah dipegang penyidik.

"Ternyata inbox Mr X dengan seseorang, Mr X mengatakan bahwa Ira sewa ..... untuk bunuh korban. Inbox ini juga SUDAH ADA DI TANGAN PENYIDIK BARU," kata BS.

Saksi tersebut, lanjut Buang Sine, juga melihat bahwa Ira Ua berada di lokasi kejadian pada 27 Agustus 2021 lalu.

"Mr X ini bahkan dalam inboxnya dengan seseorang itu mengetahui berapa orang yang terseret  dalam pembunuhan AM dan LAEL bahwa dia mengatakan IRA JUGA ADA DI TEMPAT KEJADIAN. Semua inbox ini sudah ada di tangan penyidik baru dan penyidik SUDAH MEMERIKSA PENERIMA INBOX dari Mr X (sudah di BAP)," paparnya.

Baca juga: 2 Kali Ancam Warga, Oknum Polwan Kota Kupang Terancam Dipolisikan

Buang Sine mengatakan bahwa saat ini masyarakat menunggu langkah penyidik dalam membongkar pelaku lain yang diduga terlibat dalam insiden pembunuhan.

Dia berharap penyidik juga bisa mengungkap aktor intelektual yang mengatur skenario agar hanya Randy yang menjadi pelaku dalam kasus Penkase.

Sementara itu, Direktur Reskrimum Polda NTT AKBP Patar M. H. Silalahi mengatakan sesuai berita acara pemeriksaan (BAP) tersangka tidak terlibat langsung dalam pembunuhan Astri dan Lael Maccabbee.

"Sesuai dengan BAP, kita masih secara langsung tidak ada. Di sini faktanya ada WA yang mengatakan bahwa yang bersangkutan tidak tenang kalau si korban masih ada," katanya dikutip dari akun Facebook resmi Humas Polda NTT, Sabtu (28/5).

Baca juga: Viral Oknum Polwan di Kupang Ancam 'Injak Kasih Mati' Warga yang Rekam

Dia menjelaskan bahwa dalam kasus Astri dan Lael, peran Ira Ua lebih kepada turut serta. Hal itu dibuktikan dari percakapan WA, saksi dan bukti digital lainnya.

"Perannya lebih kepada turut serta," ucapnya.*

Posting Komentar untuk "Selain RB dan IU, Kasus Penkase Berpotensi Menyeret hingga 5 Pelaku Lain"