Beredar Screenshoot Percakapan WA IU dan Astri, Diduga Jadi Motif Pembunuhan - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beredar Screenshoot Percakapan WA IU dan Astri, Diduga Jadi Motif Pembunuhan

Astri-Lael dan Ira Ua.

GRAHA BUDAYA -- Sebuah tangkapan layar (screenshoot) percakapan antara tersangka kasus pembunuhan di Kupang, Irawaty Astana Dewi Ua alias Ira Ua dengan korban Astri Manafe beredar di media sosial Facebook.

Percakapan antara tersangka dengan korban tersebut diduga menjadi penyebab atau pemicu terjadinya insiden pembunuhan terhadap korban dan anaknya, Lael Maccabbee.

Percakapan IU dan Astri diduga terjadi sebelum insiden terjadi tatakal Ira mengetahui hubungan perselingkuhan antara korban dengan suaminya, Randy Bajideh.

Namun ketika kasus Penkase mengemuka pada akhir Oktober 2021, tangkapan layar percakapan tersebut diunggah oleh seseorang ke Facebook dan beredar luas.

Baca juga: Sudah 13 Kali Masuk Penjara, Pria Pencuri di Kupang Kembali Beraksi

Belum diketahui siapa yang melakukan screenshoot percakapan keduanya. Apakah IU atau Astri. Namun, diduga bahwa percakapan itu discreenshoot oleh IU karena handphone korban diketahui telah dibuang oleh Randy setelah menguburkan jasad korban di Penkase.

Dalam percakaan keduanya, IU tampak marah dan mengancam korban karena berselingkuh suaminya hingga melahirkan Lael. IU menuduh korban berusaha merebut Randy darinya. 

Dia juga menyudutkan korban dan meminta korban jangan lagi mengganggu Randy.

Baca juga: Ini Tujuan Santi Buat Grup WA '27 Agustus 2021' Jelang Kematian Astri dan Lael

Sementara, korban Astri meladeni IU dengan nada yang lebih santun. Astri meminta IU agar melihat percakapannya dengan Randy sejak awal, tentang siapa yang lebih dulu memulai hubungan dan apa saja sikap Randy.

Sebelumnya, Direktur Reskrimum Polda NTT AKBP Patar M. H. Silalahi mengatakan menurut Ahli rangkaian kalimat tersangka yang berbunyi "hidup saya tidak tenang selama Ate dan Lael masih ada " adalah pemicu Randy melakukan pembunuhan terhadap Astri dan Lael.

Tujuan utama Randy membunuh Astri dan Lael adalah untuk mempertahankan hubungan Randy dengan Ira yang selama ini sudah terjalin sebagai rumah tangga.

Dia menerangkan, motifnya pembunuhan adalah Astri dianggap sebagai penghalang hubungan rumah tangga Randy dengan Ira karena Astri selalu berusaha menghubungi Randy untuk meminta pertanggungjawaban atas perbuatannya, yaitu bayi Lael.

Baca juga: Pakar Hukum: Jika Bukan Randy Pemukul Kepala Lael, IU Diduga Pelakunya

Adapun motif yang dilakukan yaitu tersangka merasa kesal dan marah setelah mengetahui perselingkuhan antara Randy dan korban  Sedangkan modus operandi bahwa tuturan atau bahasa yang selalu diucapkan pada saat tersangka bertengkar atau berkelahi dengan suaminya secara berulang kali diucapkan atau secara sistematis hal ini menjadi pemicu suaminya untuk melakukan suatu pembunuhan.

Tersangka berdasarkan bukti permulaan yang cukup diduga keras telah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana sebagaimana dimaksud pasal 340 KUHPidana Subs pasal 338 KUHPidana Jo Pasal 55 Ayat (1) ke 2 KUHPidana Jo Pasal 80 Ayat (3) dan((4) Jo Pasal 76 C Undang- Undang No.35 tahun 2014, tentang perubahan atas Undang-Undang No.23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak  atau Pasal 221 ayat (1) KUHPidana dengan acaman pidananya di atas 5 tahun.*

Posting Komentar untuk "Beredar Screenshoot Percakapan WA IU dan Astri, Diduga Jadi Motif Pembunuhan"