Gelar Razia Cegah HIV-AIDS, Satpol PP Amankan 7 Pasangan Bawah Umur di Ruteng - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gelar Razia Cegah HIV-AIDS, Satpol PP Amankan 7 Pasangan Bawah Umur di Ruteng

Ilustrasi

GRAHA BUDAYA-- Razia yang digelar oleh Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Babinsa, Babinkhantibmas serta pihak Kecamatan Langke Rembong, Ruteng pada, Kamis (2/6) malam, berhasil mengamankan 7 pasangan bukan pasangan suami-istri di kamar kos.

Kepala Bidang Sumber daya Aparatur (KBSDA) Otwing Wisang mengatakan, ketujuh pasangan tersebut berada di dalam kamar kos saat petugas datang. 

Ketujuh pasangan tersebut awalnya diminta surat nikah, tetapi mereka tidak bisa menunjukan, bahkan KTP mereka statusnya belum menikah. 

Baca Juga: Saksi Ferry Taunus Mengaku Cuci Mobil Avanza, Randy: Saya Tak Pernah Pakai Avanza

Lanjut Otwing, mereka akan diberikan pembinaan agar tidak ditemukan lagi pasangan serupa.

“Kita bawa ke kantor diminta keterangan untuk diberikan pembinaan. Tujuan razia ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ditemukan pasangan bukan suami-istri di kamar kos,”ungkapnya.

Emiliano Ndahur, selaku Camat Langke Rembong, mengatakan bahwa, razia tersebut diinisiasi oleh Satpol PP merupakan operasi yang digelar bersama, berdasarkan Perda Nomor 02 Tahun 2016.

“Kegiatan ini kita laksanakan untuk menertibkan sejumlah kos-kos’an diwilayah kecamatan Langke Rembong berdasarkan Perda Nomor 02 Tahun 2016 tentang Ketertiban Umum dan Tertib Kependudukan,” jelas Emil.

Baca Juga: Berbekal Foto Profil Pakaian Polisi, Pemuda Asal TTS Hamili 2 Perempuan

Lanjut Emil, dari 3 kelurahan yang dirazia ditemukan pasangan yang masih duduk di bangku SMA.

"Dari 3 kelurahan yang kami lakukan razia yakni kelurahan Tenda, Watu dan Pocomal ditemukan pasangan yang masih duduk di bangku SMA, sedang asyik berduaan dalam kamar,” bebernya.

Sebut Emil, untuk menindak lanjuti persoalan tersebut para pelaku akan diperiksa dan dipanggil orangtua untuk dilakukan pembinaan.

“Kita periksa, kita panggil orang tuanya untuk dilakukan pembinaan. Karena salah satunya masih anak di bawah umur,” tegas Emil.

Menurutnya, kejadian ini diakibatkan oleh kurang perhatiannya para pemilik kost karena beberapa pemilik kost berada diluar wilayah tersebut.

Baca Juga: Sudah 13 Kali Masuk Penjara, Pria Pencuri di Kupang Kembali Beraksi

“Ini akibat dari kurangnya perhatian dari pemilik kos, bahkan ada beberapa kos-kos’an yang pemiliknya berada di luar wilayah Kabupaten Manggarai. Hal ini yang menyebabkan para penghuni kos bebas untuk berbuat apa saja,” ungkapnya.

Emil mengungkapkan bahwa akan melaksanakan operasi rutin. Selain untuk menjaga ketertiban juga untuk memutus mata rantai HIV/AIDS.

"Kedepannya operasi ini akan rutin dilaksanakan diseluruh wilayah Kecamatan Langke Rembong demi terjaganya ketertiban umum serta memutus mata rantai penyakit HIV/AIDS," tukasnya.*

Posting Komentar untuk "Gelar Razia Cegah HIV-AIDS, Satpol PP Amankan 7 Pasangan Bawah Umur di Ruteng"