Keterangan Saksi Ferry Taunus Berbeda dengan BAP, Buang Sine Pertanyakan Siapa Sutradaranya - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keterangan Saksi Ferry Taunus Berbeda dengan BAP, Buang Sine Pertanyakan Siapa Sutradaranya

 

Buang Sine.

GRAHA BUDAYA -- Pemeriksaan saksi atas nama Fery Julius Taunus dalam agenda persidangan kasus pembunuhan ibu dan anak di Kupang, Astri Manafe dan Lael Maccabbee pada 2 Juni lalu terdapat keanehan yang mana adanya perbedaan keterangan.

Pada pemeriksaan sebelumnya, Fery selaku saksi, awalnya mengatakan mobil yang digunakan Randy untuk memuat jenazah Astri dan Lael adalah mobil Avanza namun pada BAP berikutnya ada perubahan.

Dilansir dari Rajawalinews, berita yang ditulis pada tanggal 20 Maret 2022, salah satu perubahan dalam BAP tersebut adalah Ferry selaku saksi menagatakan bahwa mobil Rush yang digunakan Randy Badjideh memuat jenazah Astri dan Lael yang dicucinya pada Sabtu, 28 Agustus.

Baca juga: Bantahan Randy Tak Pakai Avanza Jadi Kunci Bongkar Peran IU dan Sutradara Kasus Penkase

Pada saat itu, keterangan saksi, Fery Tanusu mengundang banyak pertanyaan dari publik.

Salah satu akun Facebook Buang Sine yang juga merupakan Koordinator Lapangan Tim Pencari Fakta (TPFI) mempertanyakan keberadaan jenasah.

"Kalau Ferry Taunus cuci mobil Rush hari Sabtu tanggal 28 Agustus 2021 dan di dalam mobil sudah tidak ada mayat kedua korban, mayat itu dimana? apa sudah dikubur? Jika sudah dikubur maka keterangan Bob dan Aldo yang ikut membantu gali lubang Penkase tanggal 29 dan 30 Agustus 2021 itu keterangan apalagi? Sebab mayat sudah dikubur sebelum mereka berdua membantu Randy menggali lubang, tambah pusingkan," tulisnya di Grup FLOBAMORATA TABONGKAR, 19 Maret 2022.

Pada persidangan tanggal 2 Juni 2022, saksi Fery Julius Taunus mengatakan pernah disuruh terdakwa, Randy Badjideh untuk mencuci mobil Avansa miliknya.

Baca juga: Saksi Ferry Tanusu Mengaku Cuci Mobil Avanza, Randy: Saya Tak Pernah Pakai Avanza

Dalam persidangan tersebut, terdakwa Randy membantah keterangan saksi. Saksi menceritakan bahwa pada tanggal 28 Agustus 2021, Randy menelponnya dan mengatakan bahwa dia sudah menunggunya di BPK. Saat itu saksi mengaku sedang berada di Oepura dan kembali ke kantor untuk mencuci mobil milik Randy.

Menurutnya, kondisi mobil saat itu berdebu dan berbau amis namun tidak dapat memastikan amisnya karena apa.

Dia menjelaskan bahwa, bau amis yang dia hirup itu berasal dari karpet di dalam mobil tersebut. Dia sendiri yang menurunkan karpet mobil tersebut dan kemudian mencucinya hanya dengan air saja.

Randy membantah pernyataan saksi setelah diberikan kesempatan oleh hakim.

Baca juga: Beredar Screenshoot Percakapan WA IU dan Astri, Diduga Jadi Motif Pembunuhan

Menurutnya sejak bulan Mei hingga Agustus dia tidak pernah memakai mobil Avansa tersebut.

"Sejak bulan Mei hingga Agustus tidak pernah membawa mobil Avansa ke kantor. Karena istri saya yang memakai mobil Avansa,” ungkap Randy.

Akun Facebook Buang Sine kembali mengomentari ketidaksesuaian keterangan saksi Ferry.

Mantan penyidik Polda NTT tersebut dalam unggahannya di FLOBAMORATA TABONGKAR pada Kamis (2/6) pukul 22:14 waktu setempat menuliskan bahwa BAP awal, saksi FT (Fery Tanusu) mengatakan menuci Avanza milik terdakwa tanggal 28 Agustus 2021, namun sempat berubah bahwa ia mencuci mobil Rush, lalu pada sidang hari ini dia saksi mengatakan mobil Avanza.

"BAP awal, saksi FT mengatakan mencuci mobil Avanza milik Randy tanggal 28 Agustus 2021.Lalu ketika ada petunjuk jaksa dan penyidik memeriksa tambahan saksi FT, saksi FT mengatakan ia MENCUCI MOBIL RUSH bukan mobil AVANZA. Dan saat sidang tadi, saksi FT mengatakan bahwa dirinya cuci MOBIL AVANZA MILIK RANDY tgl 28 Agustus," tulis Buang Sine.

Menurutnya, yang menjadi pertanyaan, siapakah yang mengatur atau mengajari saksi untuk mengatakan demikian serta untuk kepentingan siapa.

"PERTANYAANNYA:SIAPAKAH YANG MENGATUR ATAU MENGAJARI AGAR FT MENGATAKAN IA MENCUCI MOBIL RUSH???PERUBAHAN KETERANGAN FT INI UNTUK KEPENTINGAN SIAPA?," tulisnya.*

Posting Komentar untuk "Keterangan Saksi Ferry Taunus Berbeda dengan BAP, Buang Sine Pertanyakan Siapa Sutradaranya"