Opa Saul Manafe Sebut Randy Telah Berbohong Soal Biaya Persalinan Lael - Graha Budaya
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Opa Saul Manafe Sebut Randy Telah Berbohong Soal Biaya Persalinan Lael

Opa Saul Manafe.

GRAHA BUDAYA -- Sidang kasus pembunuhan Astri Manafe dan Lael Maccabee kembali digelar di Pengadilan Negeri Kupang pada Selasa (7/6) pagi. 

Agenda persidangan adalah pemeriksaan lanjutan saksi-saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) untuk pembuktian, diantaranya Novi Sadukh, Davidson Daga Mesa, Renaldo Anin dan Alvian Daga Mesa.

Dalam group Facebook FLOBAMORATA TABONGKAR, akun Facebook Meli Hadjo melakukan siaran langsung.

Awalnya dia menyapa semua anggota group dan terlihat beliau sedang bersama salah satu saksi yakni Novi Sadukh, ayah korban, dan salah seorang warga yang merupakan partisipan yang terus mengikuti perkembangan kasus Penkase.

Baca Juga: Dituduh Penipu, Perempuan Asal Ruteng Polisikan Akun FB Ini

Meli Hadjo menceritakan bahwa Novi Sadukh merupakan saksi yang memberikan kesaksian tentang persalinan Astri saat di Rumah Sakit Leona Kupang.

Ada bantahan yang disampaikan oleh terdakwa, Randy Badjideh, bahwa pada saat persalinan dan pada saat keluar dari RS Leona, dia yang membayar BPJS Astri.

Bantahan terebut tidak diterima oleh keluarga sehingga Opa Saul, sangat emosional di dalam ruang sidang. Lalu opa Saul minta diri untuk keluar.

"Kakak Novi juga sangat emosional tadi didalam ruang sidang, sehingga kakak novi juga minta keluar," kata Meli.

Dalam wawancara dengan saksi Novi Sadukh, Meli Hadjo menanyakan apa yang membuat saksi dia sangat emosional ketika keluar dari ruang sidang.

Baca Juga: Saksi Aswandi Diduga Berbohong di Sidang Kasus Astri dan Lael, Ini Peringatan Hakim

Apakah bantahan dari terdakwa  yang membuat kakak itu sangat emosi.

"Iya, bantahannya katanya si Astri keluar dari kost pergi ke RS Leona. sedangkan itu tidak benar. Astri keluar dari rumah jalan nangka pada sore jam 4:00, bersama saya, pergi ke RS Leona. Bukan dari kost atau darimana," jawab Novi.

Meli Hadjo mempertanyakan kepada Novi mengenai bagaimana dia mengetahui BPJS Astri.

"Iya, karena itu milik Astri, ada tertulis jelas nama Astri. dan BPJS itu, BPJS pribadinya Astri. Pada saat itu yang saya pergi daftar di RS Leona," ungkap saksi yang merupakan sepupu korban.

Baca Juga: Sidang Hari Ini Hadirkan 3 Saksi Kunci: Ira Ua, SM, Sonia dan 3 Lainnya

Meli lanjut bertanya, selama Novi dengan Astri di RS itu, apakah terdakwa pernah datang untuk menengok Astri dan Lael?

"Tidak ada sama sekali," kata Novi.

Meli Hadjo menyinggung soal ada oknum yang selama ini koar-koar di media sosial tentang keluarga Manafe tidak peduli dengan Astri dan Lael.

"Iya, itu tipu semua," tegas Novi.

Kemudian Meli Hadjo mewawancarai opa Saul. Dia bertanya mengapa Opa Saul sangat marah.

Baca Juga: Sumbang Rp100 Juta untuk Gereja Siloam, VBL Ajak Gereja Jadi Mitra Kerja Pemerintah

"Ya, jadi, sebetulnya. kita sudah dari awal persidangan hari ini kita tenang, supaya bisa mengikuti sidang ini dengan baik. Kenapa saya dengan tiba-tiba emosi? karena dia membuat satu tanggapan bahwa BPJS-nya Astri dia yang bayar. Itu yang saya emosi. Kok tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Astri punya BPJS ini sempat pada saat dia keluar bersalin itu, keluar ke Jalan Nangka itu mesti kita pi ambil kembali dia ke balai kota dengan menggunakan otonya. Katanya punya oto. Nah. terus, pada saat mau kontrol, awal mula mau kontrol dia bilang BPJS saya sudah sonde baik karena denda sebesar ini sudah tidak bisa baku bayar, jadi BPJS sya sudah tidak aktif," jelas opa Saul.

Lalu opa Saul menanyakan kepada korban, berapa yang harus dibayarkan untuk dua orang.

Baca Juga: Tiduri Anak Kandung, Pria di Manggarai Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara

"Berapa dua-dua kalau diaktifkan?" tanya opa Saul.

Lalu korban Astri menjawab, kurang lebih Rp1 juta.

"Dia bilang, dua-dua kurang lebih Rp1 juta," kisah opa Saul.

Setelah mendengar BPJS korban sudah dinonaktifkan, lalu mamanya ambil uang Rp2 juta untuk membayar tunggakan iuran tersebut. 

Opa Saul emosi dan keluar ruangan karena terdakwa, Randy Badjideh mengatakan dia yang bayar. Supaya tidak mengganggu persidangan opa Saul minta diri untuk keluar dari ruangan.

Baca Juga: Bantahan Randy Tak Pakai Avanza Jadi Kunci Bongkar Peran IU dan Sutradara Kasus Penkase

"Maka dia punya mama angkat uang Rp2 juta, ini bukan bohong saya. Kalau saya bohong Tuhan potong saya punya lidah. Mamanya kasih uang Rp2 juta dengan Rp1 juta untuk bayar BPJS dan Rp1 jutanya itu pakai. Bukan dia tidak kasih uang. Ada tapi tidak sebaik orangtua kandung, wajar kita tanggung jawab. Uang itu keluar dari mamatua punya dompet. Nah kok dia bilang dia yang bayar itu."

"Saya emosi, maka saya minta ijin angkat tangan didepan hakim, lebih baik saya keluar dari ruang sidang karena semakin lama saya lihat dia punya muka model dia, saya tambah emosi. nanti mengganggu kelancaran sidang. itulah yang membuat saya emosi," tegas Opa Saul.

Baca Juga: Bantahan Randy Tak Pakai Avanza Jadi Kunci Bongkar Peran IU dan Sutradara Kasus Penkase

Ada pertanyaan yang beredar di medsos bahwa keluarga Manafe menelantarkan Astri dan Lael. Pada saat Astri bersalin di RS, disebutkan bahwa tidak ada satu keluarga pun yang datang untuk menengok Astri dan hanya Randy saja yang sama-sama dengan Astri.

"Jadi, menyangkut dengan pengurusan astri di RS, bersama anak ini, siapapun model dia, dia katakan itu bohong. Bohong belaka itu. Sapa pun model dia. Baik saksi, baik Randy, maupun PH itu bohong. Kalau bilang Randy itu ada di RS. Buktinya disaksikan oleh Astri punya ponaan, sepupu. Saat mau melahirkan antar dari jalan Nangka ke RS diawasi oleh dia punya sepupu dong," ungkap Opa Saul.

Baca Juga: Kenali 6 Ciri Rumah Pembawa Sial, Apakah Rumahmu Termasuk?

Opa Saul membeberkan bahwa dalam persidangan, hakim sempat menanyakan hal tersebut.

"Dari pagi sampai sore, ada yang lowong orang lain yang jaga?" tanya hakim.

Opa Saul menjawab dengan tegas, tidak ada selain ipar dan sepupunya.

"Tidak! Dia punya sepupu dan kakak Ipar yang gantian. Sampai dia keluar, bergantian begitu sampai keluar RS," ungkapnya.

"Jadi (Randy) bohong semua itu," imbuhnya.*

Posting Komentar untuk "Opa Saul Manafe Sebut Randy Telah Berbohong Soal Biaya Persalinan Lael"